Kuliner Nusantara

20 Kuliner Khas Cirebon Yang Terkenal Enak Dan Lezat

20 Kuliner Khas Cirebon Yang Terkenal Enak Dan Lezat

Berlibur ke Cirebon tak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khasnya yang terkenal enak dan lezat. Di sini kamu bisa mencoba berbagai kuliner khas Cirebon. Mulai dari camilan hingga makanan berat.

Makin penasaran kan? Berikut ini adalah beberapa kuliner khas kota Udang yang terkenal enak dan lezat.

1. Docang

resep docang cirebonPasti kamu pernah mendengar nama kuliner yang satu ini. Ya, Docang terdengar mirip dengan makanan yang ada di kota Bogor bernama Doclang.

Tidak hanya itu, bahan utama dalam pembuatan makanan ini juga hampir mirip seperti lontong. Tapi docang dan doclong memiliki perbedaan mulai dari bumbu dan cara penyajiannya.

Untuk isian Docang ini terdiri dari lontong, tauge, daun singkong, parutan kelapa dan kerupuk. Penasaran kan bagaimana rasanya? Tentu kamu perlu membuktikannya sendiri saat berkunjung ke Cirebon.

2. Empal Gentong

empal gentong cirebon terkenalEmpal gentong sudah dikenal oleh masyarakat sekitar. Selain itu, empal gentong menjadi salah satu dari sekian kuliner khas Cirebon.

Penyajian kuliner ini memakai sebuah kuali yang berasal dari kerajinan gerabah.

Seperti namanya, empal gentong dibuat dari daging sapi yang telah dimasak hingga tekstur daging menjadi lembut, sehingga mudah untuk dimakan.

Proses pembuatan empal gentong terbilang cukup lama, yaitu 5 jam. Dengan paduan kuah gurih dan sedap, pastinya kamu tidak akan kecewa setelah mencicipi kuliner satu ini.

3. Mie Koclok

resep mie koclok cirebonKuliner satu ini berbahan dasar mie, bernama mie koclok. Buat kamu yang suka makanan berbahan dasar mie, maka patut mencoba kuliner satu ini.

kabarnya kuliner khas ini telah ada sejak tahun 1945 dan memiliki usia yang sama dengan Indonesia kita tercinta ini.

Mie koclok disajikan bersama irisan telur, ayam suwir, tauge, dan daun bawang. Memiliki kuah putih dan kental, menjadikan makanan ini penuh cita rasa.

4. Nasi Lengko

nasi lengko khas cirebonIndonesia memang dikenal memiliki berbagai kuliner khas yang berasal dari makanan pokok, yakni nasi. Di Cirebon sendiri, ada satu jenis olahan kuliner yang disebut Nasi lengko.

Kuliner satu ini terbilang nasi yang menyehatkan. Mengapa begitu? Karena dalam nasi lengko terdapat beragam sayuran. Selain itu, guyuran sambal kacang membuat cita rasa nasi lengko menjadi beragam.

Jika kamu berpikir tentang pecel, bisa dibilang bahwa nasi lengko ini adalah pecelnya orang Cirebon.

Baca juga: 10 Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Enak Dan Populer

5. Empal Asam

empal asam manisSelain empal gentong, ada kuliner khas Cirebon lainnya berupa empal juga bernama empal asam. Sesuai namanya, cita rasa dari kuliner ini memiliki rasa asam tapi segar dimulut.

Bahan utama dalam pembuatan empal asam ini adalah belimbing wuluh. Tapi, tidak perlu cemas karena rasa gurih tetap masih ada.

Isian dari empal asam adalah daging dengan tambahan babat. Buat kamu yang suka kuliner pedas bisa menambahkan sambal agar rasanya semakin nendang dimulut.

6. Sate Kalong

sate kalong cirebonPasti kamu berpikir bahwa kuliner khas Cirebon ini berbahan dasar daging kelelawar, kan? Di sini yang membuat makanan ini dinamakan sate kalong karena penjualnya menjajakan pada malam hari saja.

Karena itu masyarakat sekitar menyebut makanan khas ini sebagai sate kalong.

Tak hanya namanya yang unik, tapi daging yang digunakan pun adalah daging kerbau. Sate kalong berbeda dengan sate umumnya karena bercita rasa manis.

7. Tahu Gejrot

tahu gejrot cirebonKuliner tahu yang digoreng ini, bisa membuat kamu menjadi tergiur untuk memakannya. Tak terkecuali dengan kuliner khas dari Cirebon ini, tahu gejrot namanya.

Kuliner khas Cirebon ini sering dianggap sebagai makanan ringan yang diguyur dengan bumbu dari campuran rempah seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, dan cabai yang kemudian dihaluskan.

Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa mencoba tahu gejrot ini saat mampir ke kota Udang ini.

8. Rujak Kangkung

rujak kangkung cirebonBagi kamu yang suka dengan olahan masakan berupa sayuran bisa mencoba salah satu makanan khas ini. Di sini bahan utama dalam pembuatan makanan ini adalah sayur kangkung.

Kangkung akan direbus terlebih dahulu kemudian disiram dengan bumbu rujak yang telah dicampur dengan terasi udang khas Cirebon.

Meski terlihat seperti plecing kangkung, tapi rujak kangkung khas Cirebon ini berbeda. Warna sambal yang disiram pada kangkung berwarna merah, tak sama dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang.

9. Bubur Sop Ayam

bubur sop ayam cirebonPasti kamu berpikir, ini itu bubur apa sop ayam kan? Kuliner khas Cirebon ini masih terdengar asing di telinga orang, tapi bubur sop ayam termasuk salah satu makanan khas dari Cirebon yang wajib kamu coba.

Biasanya kuliner satu disajikan dengan menyiram kuah sop ayam ke dalam bubur. Bubur yang digunakan tak sama dengan bubur ayam, bisa dibilang seperti nasi tim.

Sop ayam yang disiram juga ada isian sayur, ayam suwir, dan kerupuk. Selain itu, ada tambahan irisan tomat yang dapat menambah citarasa dari bubur sop ayam ini.

10. Gadungan

gadungan singkongJika kamu ingin mencoba makanan cemilan khas Cirebon dengan rasa gurih dan enak, kamu bisa memilih gadungan ini. Gadungan merupakan camilan yang terbuat dari singkong dan dicampur dengan kelapa.

Hingga saat ini, masyarakat sekitar masih menyukai makanan ringan ini karena rasanya yang membuat lidah ingin terus makan.

Jika kamu tertarik dengan camilan satu ini, kamu bisa mencarinya di area pasar yang ada di Cirebon. Bila beruntung, kamu dengan mudah menemukan penjual keliling yang menawarkan makanan ini.

Baca juga: 12 Kuliner Khas Ambon Yang Enak Dan Wajib Kamu Coba

11. Pedesan Entog

pedesan entog cirebonApakah kamu tahu apa itu entog? Entog merupakan sejenis ungas yang mirip dengan bebek, tapi lebih besar dan bontot.

Entog dikenal memiliki daging yang enak, karena itu dijadikan sebagai bahan utama dalam menciptakan kuliner lezat tak terkecuali pedesan entog ini.

Di sini, daging entog disiram dengan kuah yang gurih dan pedas. Kuliner khas dari Cirebon ini, akan mampu memberikan rasa yang sangat memanjakan lidah kamu.

Untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan makanan pedas, kamu bisa meminta Pedesan Entog yang tidak terlalu pedas.

12. Gado-Gado Ayam

gado-gado ayam cirebonKuliner dengan nama gado-gado ini terkenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia. Dalam seporsi gado-gado, terdapat banyak sayuran yang dijadikan sebagai bahan.

Nah, di kota Cirebon ini ada satu hal yang membuat gado-gado ini unik. Di sini, gado-gado akan diberi tambahan gulai kari ayam dalam hidangannya.

Mesti kamu bingung akan seperti apa rasanya. Karena itu, untuk membuktikan kelezatan dari kuliner khas Cirebon ini kamu bisa langsung mencobanya sendiri.

Karena gulai kari ayam memiliki cita rasa gurih, maka tentu cita rasa yang kamu rasakan akan lebih berwarna.

13. Kerupuk Melarat

kerupuk melarat cirebonSalah satu makanan khas dari Cirebon yang harus kamu coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Kerupuk Melarat. Kerupuk satu ini memiliki tekstur renyah dengan rasa yang enak.

Yang membuat kerupuk ini menjadi enak adalah saus kacang pedas yang disiram di atasnya. Untuk kamu yang ingin membawa Kerupuk Melarat sebagai oleh-oleh, ada juga kerupuk yang dikemas dalam kemasan plastik.

Perlu diketahui, jika kamu memakan kuliner khas Cirebon ini tidak akan membuat kamu melarat seperti namanya.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Warna-warni dari kerupuk ini akan menambah citarasa saat kamu hendak memakan makanan ringan ini.

14. Tahu Kuningan

tahu kuningan cirebonTahu Kuningan merupakan makanan ringan khas dari Cirebon yang memiliki cita rasa gurih dan enak.

Kuliner yang satu ini, diolah dari biji kedelai pilihan yang telah melewati proses fermentasi untuk menciptakan tahu yang enak.

Mungkin kamu berpikir seperti apa rasanya jika dibandingkan dengan tahu Sumedang. Untuk penampilan luar, memang bisa dibilang mirip dengan tahu Sumedang.

Tapi, Tahu Kuningan memiliki isi yang lebih padat yang pastinya tidak akan membuat kamu kecewa. Kenapa? Karena isiannya lebih lembut. Kamu juga bisa membawa kuliner khas Cirebon ini sebagai oleh-oleh untuk diberikan ke keluarga.

15. Sate Kentang

sate kentang cirebonJika kamu ingin merasakan cemilan yang berbeda dari yang lain, kamu bisa mencoba Sate Kentang dari Cirebon. Di sini kentang yang dijadikan sate dipotong melingkar panjang lalu digoreng, bukan dipanggang seperti sate pada umumnya.

Sebelum digoreng, Sate Kentang dibumbui dengan tepung yang akan membuat kentangnya menjadi renyah saat dimakan.

Di samping itu, Sate Kentang ini juga akan ditambahkan dengan saus gula merah dan kuah kacang sehingga menciptakan citarasa yang pedas manis dan pastinya gurih.

16. Terasi Cirebon

terasi cirebon paling enakUntuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh saat mampir di Cirebon, Terasi Udang harus kamu masukkan ke dalam list. Kenapa? Karena rasanya yang khas tidak dapat dimiliki oleh terasi khas dari daerah lain.

Terasi Cirebon dibuat dari udang rebon yang membuat rasa terasi ini menjadi lebih lezat. Sekarang terasi khas Cirebon sudah memiliki kemasan yang modern agar komsumen dapat membawanya pulang ke kampung halaman.

17. Gepu

gepu khas cirebonMakanan yang satu ini pastinya asing di telinga kamu. Ya, gepu merupakan kuliner khas Cirebon berbahan dasar singkong. Bentuknya menyerupai bakwan, tapi isian yang ditambahkan adalah oncom.

Menikmati sore sangat cocok jika kamu memakan Gepu, apalagi jika disantap saat masih hangat. Pastinya kamu akan ketagihan dengan makanan ini.

Baca juga: 12 Kuliner Khas Samarinda Yang Terkenal Enak Dan Lezat

18. Growolan

cemilan khas cirebonSatu lagi makanan yang harus kamu coba jika mengunjungi Cirebon, yakni Growolan. Makanan berupa cemilan ini dibuat dari gaplek yang dicampur dengan kelapa yang telah diparut. Growolan telah ada sejak dahulu kala.

Growolan hingga saat ini masih eksis di dunia kuliner Cirebon. Hal itu karena masyarakat memang gemar dengan makanan satu ini, karena memiliki rasa yang lezat dan tidak sulit untuk membuatnya.

19. Tape Ketan Daun Jambu

tape ketan bungkus daun jambuTape ketan merupakan kuliner khas asli dari Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu. Seperti yang diketahui, ada beragam tape ketan yang dibuat oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Di setiap daerah memiliki cita rasa khas yang berbeda satu sama lain.

Tak terkecuali dengan tape ketan asli Cirebon ini. Di sini tape ketan yang dibuat telah diproses melalui fermentasi dengan cara dibungkus menggunakan daun jambu.

Penggunaan daun jambu bertujuan untuk memberikan rasa masam pada tape ketan.

Jadi, selain rasa manis, pastinya rasa masam yang tercipta akan memberikan sensasi berwarna di mulut saat mencicipi kuliner khas Cirebon satu ini.

20. Nasi Jamblang

resep nasi jamblangKuliner satu ini menjadi ciri khas dari kota Cirebon. Buat kamu yang ingin mengunjungi Cirebon, disarankan untuk mencoba makanan ini. Kenapa? Karena jenis kuliner ini benar-benar asli dari Cirebon.

Salah satu yang membuat makanan ini unik dan mudah dikenali adalah penggunaan bungkus nasi yang berasal dari daun jati.

Berbeda dengan nasi khas daerah lain yang kebanyakan menggunakan daun pisang. Untuk lauk yang disuguhkan, banyak sekali ragam lauk yang bisa kita pilih.

Seperti sate kentang, udang, ikan asin, ayam goreng, pepes, perkedel, bacem, dll. Jika kamu ingin lauk yang paling populer, kamu bisa memilih cumi-cumi yang ditumis atau paru goreng.

Nah, sekarang tahu kan bahwa kuliner khas Cirebon itu banyak dan tentunya lezat juga enak untuk dicoba. Karena itu saat berkunjung ke Cirebon taka da salahnya untuk mencicipi salah satu hidangan makanan di atas. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pulang beberapa makanan khas di atas sebagai oleh-oleh untuk keluarga kamu.

Post Comment