Kuliner Nusantara

8 Kuliner Khas Kendari Yang Enak dan Wajib Kamu Coba

8 Kuliner Khas Kendari Yang Enak dan Wajib Kamu Coba

Berwisata ke Kendari, tentu saja kamu juga harus menyempatkan diri untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kendari yang akan memanjakan lidah kamu.

Selain makanannya yang enak juga makanan tersebut dapat memberikan rasa yang tidak biasa saat kamu mencicipinya.  Kendari dikenal dengan kota Lulo yang berarti bersahabat.

Nah, kali ini akan mengulas beberapa makanan yang patut kamu coba saat  berada di kota Kendari. Simak ulasannya berikut ini.

1. Sate Gogos Pokea

resep sate gogos pokeaSate Gogos Pokea merupakan salah satu makanan yang dibuat dari kerang.

Makanan khas yang berasal dari Pulau Buton, Sulawesi Tenggara ini adalah merupakan pelengkap dari makanan sejenis lemper tanpa isi yang juga berasal dari Kendari.

Berbeda dengan sate pada umumnya, untuk membuat sate kerang pokea maka untuk proses pembuatannya adalah dengan direbus terlebih dahulu.

Kemudian barulah ditusuk dengan menggunakan bumbu. Bagi kamu yang menyukai makanan pedas, maka kamu bisa mencoba kuliner khas satu ini.

Sate gogos pokea merupakan salah satu kuliner khas Kendari yang memiliki cita rasa pedas. Sehingga bagi kamu yang menyukai pedas, dapat mencicipi makanan satu ini sebelum kamu kembali ke daerah asal kamu.

Makanan ini pun sangat cocok untuk kamu nikmati baik di siang hari ataupun malam hari.

2. Lapa-Lapa

lapa-lapa terbuat dariMakanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Lapa-Lapa. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini dibungkus dengan daun kelapa muda.

Cara pembuatannya sendiri, kue satu ini pun dibuat dengan cara dikukus dan dicampur dengan sedikit santan.

Hidangan satu ini cocok sekali jika dihidangkan bersama ikan asin karena memiliki rasa yang gurih. Untuk itu, ketika kamu mengunjungi Kendari maka kamu pun bisa mencicipi hidangan satu ini.

Hidangan satu ini sekilas hampir mirip dengan lontong, yang membedakan hanyalah terletak pada jenis beras yang dimasak.

Makanan satu ini pun akan banyak kamu temukan ketika menjelang Idul Fitri.

Jadi, buat kamu yang ingin mencobanya maka kamu bisa mengunjungi Kendari saat libur hari raya idul fitri karena makanan ini akan banyak sekali dijajakan.

3. Kabuto

makanan khas kendariKuliner khas Kendari lainnya yang wajib kamu cicipi adalah Kabuto. Kuliner tradisional asal daerah Buton dan Muda ini berbahan dasar singkong dan ubi yang sudah dikeringkan dan dibiarkan berjamur.

Meski terdengar unik, cita rasa dari makanan tradisional asal Kendari ini cukup menarik untuk kamu dicoba.

Baca juga: 10 Makanan Khas Pekanbaru Yang Terkenal Paling Enak

4. Sinonggi

sinonggi kendariMakanan tradisional Kendari ini terbuat dari sari pati sagu yang diolah bersama kuah rempah yang menghasilkan rasa gurih yang nikmat.

Masyarakat Suku Tolaki sendiri memiliki tradisi saat menyantap sinonggi secara beramai-ramai dan tradisi tersebut bernama Mosonggi.

Makanan khas satu ini awalnya merupakan makanan pokok bagi masyarakat setempat yang kini mulai langka karena masyarakatnya sudah mulai mengkonsumsi nasi.

5. Kasoami

resep kasoamiKuliner khas Kendari lainnya yang patut kamu coba adalah Kasoami, berupa makanan yang dibuat dari bahan ubi.

Kasoami kerap kali disajikan sebagai makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya, kuliner satu ini sangat cocok dimakan bersama ikan asin.

6. Kapusu Nosu

kapusu nosu kendari Kapusu Nosu merupakan makanan yang berupa campuran bubur jagung dengan kacang merah khas Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kapusu Nosu dibuat dari buliran jagung yang sudah tua dan dicampurkan dengan kacang merah.

Untuk itu, ketika kamu ingin menambah rasa maka kamu pun bisa mencampurkan bubur ini dengan sedikit garam untuk menambah selera makan kamu.

Cara pembuatannya pun tergolong mudah. Kamu hanya tinggal menumbuk biji jagung, kemudian kamu pun bisa memasukkannya ke dalam air rebusan hingga menjadi lunak.

Kemudian, barulah kamu bisa menambahkan santan dan kacang merah secukupnya. Lalu, kamu pun bisa mengaduknya hingga mengental dan kamu bisa menikmatinya selagi hangat.

7. Karasi

karasi makanan khas wakatobiKarasi merupakan kue khas Sulawesi Tenggara yang cukup familiar di berbagai daerah di Nusantara, namun dengan nama berbeda seperti kue rambut dan roti jala.

Karasi memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah yang menggoda. Meski terlihat sederhana, nyatanya proses pembuatan Kuliner khas Kendari ini cukup sulit, lho.

8. Ikan Dole

resep ikan doleIkan satu ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Sulawesi Tenggara, lebih tepatnya daerah Buton. Kuliner satu ini mempunyai bahan dasar ikan tenggiri yang akan menggugah selera makan kamu.

Cara membuatnya adalah dengan menggiling daging ikan dan dicampur dengan kelapa muda parut. Barulah kamu bisa menggorengnya hingga berwarna sedikit kecoklatan.

Ikan dole sangat pas disajikan bersama makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya, seperti sate gogos dan lapa-lapa.

Untuk kamu yang sedang berkunjung ke acara hajatan yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat, maka kamu akan mudah untuk menemui makanan khas satu ini.

Itulah beberapa ragam Kuliner khas Kendari yang bisa kamu coba. Untuk itu, kamu tidak bisa melewatkan makanan di atas saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara, terutama ketika berwisata ke kota Kendari.

Bagi kamu yang ingin berkunjung dan mencoba untuk mencicipi makanan khas, tentu saja akan sulit untuk kamu temui di kota lain.

Post Comment