Kuliner Nusantara

9 Kuliner Khas Lombok Yang Terkenal Dikalangan Wisatawan

9 Kuliner Khas Lombok Yang Terkenal Dikalangan Wisatawan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencoba kuliner khasnya. Bahkan sebagian turis berbondong-bondong mencari ragam kuliner daerah yang akan dituju. Demikian pula dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Para wisatawan kerap kali mencari kuliner khas Lombok yang benar-benar asli dan otentik.

Disamping kuliner ayam taliwang yang telah melegenda, kuliner Lombok lainnya sudah mulai merambah ke berbagai kota di Indonesia. Tapi jika kamu berlibur ke Lombok, maka harus mencoba kuliner yang ada di kota tersebut agar perjalanan kamu semakin menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas dari Lombok yang patut kamu coba, diantaranya:

1. Plecing Kangkung

resep plecing kangkung sederhanaSiapa sih yang tak kenal dengan pelecing kangkung? Kuliner khas Lombok ini berupa olahan dari tanaman air yang sangat populer di setiap rumah makan di Lombok.

Rasanya belum ke Lombok jika belum mencoba kuliner Lombok yang satu ini. Meski tampilannya sederhana, namun jangan salah rasanya patut kamu pertimbangkan.

Paduan cabai rawit, tomat, garam, dan terasi begitu menggoyang lidah. Setiap orang yang memakannya dijamin menangis menikmati sensasi kuliner pedas ini.

Plecing kangkung sudah jelas makanan sehat dan bisa membantu kesuburan karena ada tambahan tauge dan taburan kacang goreng untuk menambah cita rasa gurih.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Surabaya Yang Terkenal Enak Dan Lezat

2. Ayam Taliwang

ayam taliwang lombokSudah pasti kuliner yang satu ini khas dari Lombok yang sangat terkenal. Cobalah ayam taliwang bakar dijamin rasanya pedas bikin ketagihan. Selain di bakar, ayam taliwang juga bisa disajikan dengan cara digoreng.

Ayam yang digunakan dalam pembuatan kuliner ini adalah ayam yang masih muda sehingga dagingnya empuk dan mudah untuk dilepaskan dari tulangnya.

Makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok. Jika memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk membawa kuliner yang satu ini sebagai oleh-oleh khas Lombok.

3. Sate Bulayak

resep sate bulayakMungkin namanya kurang familiar di telinga masyarakat awam. Tapi sate bulayak hampir mirip dengan sate madura lainnya. Yang membedakan adalah lontong yang disajikan.

Sate bulayak memiliki keunikan pada lontongnya yang dibungkus dengan daun aren yang bentuknya lurus memanjang. Cara membukanya pun cukup unik karena harus mengikuti ulir daun aren tersebut.

Sate bulayak menggunakan daging sebagai bahan utamanya dan sudah dicampur dengan sambal khas suku sasak.

Cara mengkonsumsi sate bulayak lebih nikmat jika menggunakan tangan langsung tanpa bantuan sendok ataupun garpu. Jadi pastikan tangan kamu sudah di cuci bersih ya!

4. Ares

ares khas lombokKuliner khas Lombok ini benar-benar mengingatkan kita pada orang tua zaman dulu. Karena bahan utama dalam pembuatan ares ini adalah pelepah pisang.

Pelepah pisang yang digunakan adalah pepelah yang masih muda dan diolah menjadi makanan yang sangat enak oleh masyarakat lombok.

Namun kuliner yang satu ini memiliki cita rasa manis gurih karena menggunakan santan.

Jangan salah kuliner yang satu ini bisa dijadikan sebagai pendamping nasi oleh suku sasak asli Lombok pada acara pernikahan.

5. Sate Rembiga

sate rembiga goyang lidah lombokLombok memang surganya para sapi. Kenapa tidak? Disini kamu dapat melihat sapi-sapi berkeliaran dengan bebas sehingga tidak mudah stres. Itulah mengapa daging sapi dari lombok dan sumbawa terkenal lembut dan nikmat.

Sate rembiga memiliki rasa unik, mulai dari pedas, manis dan gurih. Rembiga berasal dari nama sebuah Desa Rembiga. Karena sangat laris dan terkenal sehingga terbentuklah nama sate rembiga.

6. Sate Tanjung

sate tanjung khas lombokSelain mudah mendapatkan sapi, lombok juga sangat berlimpah dengan kuliner lautnya. Salah satunya adalah sate tanjung yang terbuat dari ikan cakalang.

Biasanya sate tanjung dinikmati selagi masih panas bersama nasi atau lontong. Kedua makanan ini sama-sama memberikan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sate tanjung khas Lombok ini.

7. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel khas lombokKuliner khas Lombok ini hanya muncul saat lebaran saja. Jadi rasanya sangat sulit untuk menemukan makanan ini diluar masa lebaran. Tapi sebenarnya kuliner yang satu ini cukup familiar kok.

Poteng merupakan tape ketan dan tetel atau jaje tujak, mungkin lebih terkenal dengan nama gemblong.

Nah, Poteng Jaje Tujak ini diolah dengan campuran daun pandan dan suji. Kuliner asal Lombok ini termasuk langka karena hanya disajikan pada hari raya saja.

8. Bebalung

bebalung khas lombokBahan utama kuliner ini adalah tulang iga sapi atau yang kemudian dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kunyit, lengkuas, dan jahe.

Penyajian paling khas dari bebalung ini adalah taburan bawang goreng yang sangat banyak.

Kuliner khas Lombok satu ini hampir sama dengan tengkleng namun yang membedakan adalah penggunaan tulang sapi bukan domba atau kambing.

9. Beberuk Terong

beberuk terong khas lombokKuliner yang satu ini bisa disebut gado-gadonya lombok. Kuliner ini mirip lalapan pada umumnya yang dipadupadankan saat menikmati ayam taliwang.

Bahan utama kuliner ini adalah terong ungu yang sudah dipotong-potong dan dicampur dengan beberapa bumbu rempah dan tomat.

Setelah dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan dengan perasan air limau. Cita rasa beberuk terong ini pedas, manis, asam, dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.

Menyantap kuliner khas Lombok dengan cita rasa pedas sangat pas dengan suasana alam yang ditawarkan oleh pulau yang mengandalkan sektor pariwisata dalam membantu ekonomi masyarakatnya. Dari beberapa kuliner yang dimiliki lombok, tak ada satu pun alasan untuk tidak berkunjung ke pulau Lombok (setidaknya satu kali).

Post Comment