Kuliner Mancanegara

10 Kuliner Khas Mesir Yang Terkenal Enak Dan Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Mesir Yang Terkenal Enak Dan Wajib Dicoba

Mesir memiliki keindahan gurun dan bangunan bersejarah yang membuat pasang mata selalu ingin mendatanginya. tapi bukan itu saja ternyata kuliner khas mesir pun sangat banyak digemari bahkan orang Indonesia pun suka akan masakannya.

Agar tidak berlama-lama, yuk simak beberapa kuliner khas kota Mesir yang wajib kamu coba.

1. Koshari

koshari restaurantPanganan satu ini terdiri dari nasi berlapis makaroni, lentil dan buncis. Topping-nya terdiri dari bawang karamel, saus merah yang kental, serta bawang putih, cabai, cuka atau saus.

Jika ingin mencoba makanan ini saat di Mesir, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah baik di jalaa Kairo maupun di tempat-tempat lain di Mesir.

Karena penjual koshari telah tersebar baik itu dikedai pinggir jalan maupun di restoran yang ada di Mesir.

2. Mahshi

mahshi grape leavesBuat kamu pecinta nasi, maka makanan satu ini cocok untuk kamu coba.

Kuliner khas Mesir ini sebenarnya merupakan sayuran pilihan yang diisi dengan nasi, seperti zucchini, terong, paprika, tomat, daun kol, atau daun anggur.

Untuk isiannya terdiri dari nasi, rempah-rempah seperti peterseli, daun ketumbar, dan dill, dan saus tomat dengan bumbu dan sentuhan kayu manis.

Kadang daging cincang juga ditambahkan di dalamnya agar makanan menjadi lebih lezat.

3. Shawarma

shawarma kebabKalau hidangan yang satu ini cocok untuk pecinta daging. Ya, Shawarma merupakan olahan daging dengan cita rasa Mesir yang khas. Daging yang digunakan antara lain sapi, ayam, domba, kambing maupun kalkun.

Dalam proses pembuatanya daging yang digunakan akan direncam bersama rempah-rempah. Kemudian dimasak sepanjang hari dengan cara ditusuk besar hampir mirip dengan kebab.

Untuk penyajiannya, daging akan diiris tipis lalu digulung dengan roti pipih atau pita yang sudah dikukus atau dipanaskan.

Gulungan pita itu sendiri kerap ditambahi pula dengan makanan lain seperti, hummus, tahini, acar, sayuran, dan kentang goreng.

Baca juga: 10 Makanan Khas Sunda Yang Melegenda Hingga Kini

4. Ful Medames

ful medames saudi arabiaNama yang baru saja disebut merupakan menu sarapan andalan bagi masyarakat Mesir, tetapi juga bisa sebagai kuliner khas Mesir untuk berbuka puasa. Menemukan makanan ini bukan suatu hal yang sulit.

Karena banyak penjual Ful Medames yang bisa kamu temui dijalanan kota kairo dan diseluruh penjuru Mesir. Ful Medames dibuat dari kacang fava yang dimasak bersama minyak dan garam.

Kacang tersebut telah lebih dulu direndam selama semalam sebelum akhirnya dimasak selama berjam-jam di atas api kecil.

Hal ini bertujuan untuk melepas penutup kacang. Umumnya hidangan ini akan disajikan bersama dengan telur kukus, keju dan roti pita.

Ful Medammes termasuk ke dalam salah satu resep kuno yang ada di Mesir. Kuliner khas mesir ini konon sudah ada sejak zaman Firaun dan mulai banyak dijumpai pada Dinasti ke-12.

Nama makanannya ini usut punya usut berasal dari cara memasaknya yang unik.

Medames berarti dikuburkan yang diambil dari cara memasaknya di mana panci berisi makanan tersebut dikuburkan dalam tumpukan batu bata atau pasir panas.

5. Falafel

falafel resepFalafel atau juga disebut ta’meya juga merupakan menu sarapan. Penyajiannya dilakukan bersama dengan telur, keju, dan roti pita.

Bahan utama dari makanan ini adalah kacang faa yang ditumbuk dan diberi tambahan tepung buncis.

Selain itu, adonannya diberi tambahan daun ketumbar, peterseli, bawang bombay putih, bawang putih dan daun bawang yang semuanya dicincang halus.

Bumbu lain yang turut ditambahkan ke dalam kuliner khas Mesir adalah jintan, ketumbar, paprika, cabe rawit, garam dan lada. Masakan ini diolah denga digoreng dan bentuknya bulat.

6. Molokhia

molokhia soupHidangan yang satu ini lazim disajikan di bulan Ramadan atau Idul Fitri. Molokhia sebenarnya berupa sup dari daun molokhia. Rasanya gurih dan memiliki aroma yang khas.

Selain lezat di lidah, makanan satu ini juga kaya akan kandungan gizi, sehingga baik bagi tubuh. Penyajiannya sendiri kerap disandingkan dengan nasi, roti, daging (ayam atau sapi) hingga makanan laut.

Satu informasi, mungkin jika kamu kebetulan berlibur di pesisir pantai Alexandria akan menjumpai molokhia yang disajikan dengan udang atau ikan dan bukan daging. Meski demikian, rasanya tetap enak dan unik.

7. Fattah

fattah khas mesirOlahan yang satu ini merupakan khas Timur Tengah. Meski demikian, bisa jadi antara satu negara dengan negara lain di jazirah tersebut memiliki resep Fattah yang sama.

Namun, umumnya Fattah berupa campuran nasi, roti, dan semacam protein.

Khusus untuk Fattah versi Mesir protein dihasilkan dari daging. Hidangan ini biasanya akan ‘tampil’ di meja makan saat acara Idul Fitri maupun aqiqoh.

8. Roz Bel Laban

ros bel laban originNama yang baru saja disebut adalah pudding beras khas Mesir.

Di negara tersebut, makanan ini kerap dijadikan hidangan penutup, terlebih mengingat karakternya yang kaya rasa dan enak disajikan dalam keadaaan hangat maupun dingin.

Adapun bahan dalam pembuatan kuliner khas Mesir ini yaitu, nasi, madu, air mawar, cream dan rempah-rempah manis.

Barangkali kamu akan sedikit mengernyitkan dahi mendengar air mawar digunakan dalam campuran makanan.

Di Indonesia sendiri air mawar lebih dikenal sebagai bahan dalam pembuatan kosmetika atau wewangian. Tapi, di Mesir air mawar sudah digunakan di banyak resep sejak ribuan tahun silam. Unik ya?!

9. Kunafa

kunafa pastryKunafa juga merupakan hidangan penutup. Umumnya, makanan ini akan disajikan selama bulan Ramadhan. Makanan ini bahkan kerap hadir di banyak masjid di Mesir sebagai menu berbuka puasa.

Kuliner khas Mesir ini berbahan cream, kacang, dan sirup yang dimasak dengan cara unik. Usai adonan kunafa yang dipanggang, di atasnya akan langsung ditambahkan sirup, sebelum akhirnya disantap.

Jika kamu tidak datang ke Mesir pada bulan Ramadhan tetap bisa menemukan makanan ini, karena banyak dijual pula di jalanan-jalanan.

10. Sahlab

cortas sahlabMesir memang banyak memiliki kuliner unik. Seperti Sahlab, minuman segar yang bahannya juga unik.

Bagaimana tidak, minuman yang mantab disajikan saat musim dingin ini dibuat dari tepung putih hasil dari umbi kering, anggrek liar, Orchis Mascula.

Umumnya, minuman ini akan disajikan secara trasidional bersama dengan sedikit kayu manis, kelapa parut dan pistachio yang dihancurkan dan dibubui pula dengan beberapa kismis.

Namun, sahlab sachet kini juga sudah mulai menjamur dan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Demikian kuliner khas Mesir yang wajib kamu coba saat bertandang ke sana. Dari berbagai menu di atas kira-kira menu mana yang ingin lebih dahulu dicoba? Ya, apa pun pilihan menu yang ingin dijajal, pastikan untuk ‘sanggup’ menerima makanan tersebut.

Hal ini penting mengingat kondisi cuaca yang berbeda ditambah dengan campuran rempah yang begitu pekat pada makanan Mesir atau Timur Tengah lainnya kadang membuat orang tidak tahan.

Post Comment