Kuliner Nusantara

9 Kuliner Khas Pacitan Yang Terkenal Enak Dan Wajib Dicoba

9 Kuliner Khas Pacitan Yang Terkenal Enak Dan Wajib Dicoba

Beberapa kuliner khas Pacitan ini memang bisa kamu jumpai di daerah lain tapi kekhasan cita rasanya belum tentu sama.

Karena itu hanya di tempat asalnya kamu dapat merasakan cita rasa asli dari kuliner tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Pacitan bisa mencoba salah satu kuliner di bawah ini. Di jamin rasanya mampu menggoyang lidah.

1. Tiwul

tiwul terbuat dariTiwul merupakan salah satu kuliner khas Pacitan yang pastinya enak. Kuliner satu in memiliki nilai gizi yang cukup baik untuk tubuh. tiwul terbuat dari singkong atau ketela.

Sudah jelas bahwa sumber kalori potensial non padi adalah singkong dan jagung. dari sisi kandungan, singkong ternyata memppunyai keunggulan dari pada padi.

Singkong lebih banyak mengandung kalsium, lemak, vitamin A dan C, serta zat besi.

Jika tepung singkong ini dicampur dengan 18 persen tepung kedelai maka tepung komposit menjadi bahan makanan pokok yang tinggi akan gizi dan lebih lengkap ketimbang padi.

Karena itu, saat mengunjungi Pacitan jangan lupa untuk mencoba makanan sehat satu ini.

2. Kupat Tahu

kupat tahu magelangKupat tahu merupakan salah satu makanan khas dari Pacitan yang tentu sangat populer dikalangan masyarakatnya.

Makanan yang satu ini bisa kamu jadikan menu makan siang atau makan malam. Kupat tahu sebenarnya ada dibeberapa wilayah di Jawa Timur, tapi cita rasa yang disuguhkan pasti akan berbeda dengan yang di pacitan.

Kuliner khas satu ini disajikan dengan potongan ketupat, tahu goreng, kol, tauge, dan juga disiram air bawang putih dan kuah kecap. Kemudian di atasnya diberi taburan daun seledri dan kacang goreng.

3. Soto Pacitan

soto pacitan resepSoto merupakan salah satu makanan yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. begitu pun di Pacitan, memiliki menu soto yang namanya soto Pacitan.

Menu andalan Pacitan ini memiliki isian yang sedikit beda dari soto di daerah lain. Soto biasanya berisikan suwiran daging ayam dengan kuah bening dan taburan bawang goreng di atasnya.

Tapi berbeda dengan yang ada di Pacitan, yaitu adanya tambahan seledri, kacang goreng, dan kecambah kecil. Jadi akan ada sensasi kriuk-kriuk saat menyantap soto Pacitan ini.

4. Sego Godhong Jati

sego godhong jsti pacitanSesuai namanya kuliner khas pacitan ini dibungkus menggunakan daun jati atau godhong jati.

Dahulu, kuliner yang satu ini disajikan pada saat hajatan saja. Tapi sekarang telah banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional sekitar Pacitan.

Sego gedhong jati berisikan nasi dengan lauk urap, tumis tempe, serundeng serta lauk ikan asin serta peyek. Aroma khas daun jati membuat nasi di dalamnya memiliki rasa yang taka da duanya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Nganjuk Yang Enak Dan Populer

5. Sego Gobyos

gobyos artinyaMakanan khas Pacitan ini memiliki cita rasa yang sangat pedas, dan saat menyantapnya dipastikan seluruh tubuh kamu akan gobyos dengan keringat bercucuran.

Hal ini dikarenakan rasanya yang pedas, sebab itu nama makanan ini disebut sego gobyos.

Makanan yang satu ini dihidangkan dengan campuran nasi yang ditambah sayur daun keningkir dan kamu bisa memilih tambahan lauk seperti tempe bacem, tahu, kerupuk, hingga opor ayam.

Yang menjadikan kuliner khas Pacitan ini unik adalah kuah khusus yang disiram dan diberi cabe yang cukup banyak agar sensasi pedasnya terasa. Tertantang untuk mencoba sensasi pedas dari sego gobyos ini?

6. Tahu Tuna

tahu tuna pacitanBagi kamu yang berlibur ke Pacitan, makanan satu ini wajib untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh yaitu tahu tuna.

Makanan seperti ini sudah menjadi ikon makanan khas kota seribu gua. Tahu tuna memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tahu bakso, hanya saja bakso di dalam tahu dibuat dari gilingan ikan tuna.

Menu tahu tuna banyak ditemui di warung makan di Pacitan.

7. Punten

punten pecelKuliner khas Pacitan satu ini kurang pas jika disebut sebagai camilan. Pasalnya makanan ini dibuat dari beras yang dimasak bersama santan lalu ditumbuk hingga halus.

Setelah itu disajikan dalam bentuk potongan kotak-kotak, bentuknya seperti ketupat yang dipotong-potong. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan cocok dijadikan sebagai pengganjal perut yang lapar.

Punten lebih sedap dimakan bersama sambal terasi. Tapi sekarang cukup sulit untuk menemukan makanan khas Pacitan satu ini.

Jika kamu penasaran dengan rasa punten ini, bisa datang ke pusat jajanan yang ada di pasar Arjowinangun di pertigaan JLS atau di Pasar Sundeng di barat kota Pacitan.

Makanan ini hanya ada di pagi hari ya, jadi antrinya harus pagi-pagi juga.

8. Jadah Bakar

jadah bakar jogjaKuliner khas Pacitan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai teman ngeteh atau ngopi. Jadah merupakan makanan yang memiliki bentuk seperti punten, hanya saja dibuat menggunakan bahan dasar ketan dan kelapa.

Di Pacitan sendiri makanan ini lebih dikenal dengan nama jadah bakar yakni jadah yang dipanggang layaknya memanggang daging.

Setelah itu disantap dengan taburan gula pasir yang menciptakan kombinasi rasa manis dan gurih secara bersamaan.

9. Otak-Otak Tuna

otak-otak tuna pacitanOtak-otak terbuat dari ikan tuna dan berbagai rempah yang telah dicampurkan. Otak-otak khas pacitan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Otak-otak sangat pas dipadukan bersama saus sambal dan dimakan kala sore hari.

Kamu bisa mendapatkan makanan satu ini di pusat oleh-oleh khas Pacitan Putra Samudra yang lokasinya dekat dengan pantai Teleng Ria tepatnya di Jalan Raya Pacitan, Solo km 03.

Itulah sederet makanan khas yang bisa kamu coba setelah menikmati tempat wisata di Pacitan. Meski terlihat sederhana namun makanan di atas bisa membuat kamu ketagihan setelah mencobanya. Nah, jadi kapan rencana kamu untuk mencicipi kuliner khas Pacitan di atas?

Post Comment