Kuliner Nusantara

13 Kuliner Khas Papua Terkenal Enak Dan Juga Unik

13 Kuliner Khas Papua Terkenal Enak Dan Juga Unik

Jika berbicara tentang Papua, pasti ada beberapa ikon-ikon tertentu yang sangat menggambarkan daerah ini, seperti burung Cendrawasih yang sangat indah, tempat wisata seperti Raja Ampat, atau mungkin kuliner khas Papua seperti papeda dan lain-lain.

Namun jika spesifik berbicara tentang kuliner khas Papua, pasti masih banyak orang yang belum mengenal banyak makanan dari daerah ujung timur Indonesia ini.

Banyak sekali kuliner khas dari Papua yang sangat unik dan nikmat yang belum banyak orang ketahui. Berikut adalah beberapa makanan khas Papua yang harus kamu coba.

1. Kue Lontar

harga kue lontarSalah satu kuliner khas dari Papua ini terbilang cukup ringan sehingga dapat dijadikan sebagai camilan bagi orang Papua. Bentuknya seperti kue pie susu, rasanya juga nikmat dan manis.

kue khas ini juga biasa dibuat pada saat Lebaran dan Natal saja. Tapi tenang saja, kue lontar ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Papua.

2. Ulat Sagu

ulat sagu gorengSiapa sih yang tidak kenal dengan kuliner khas Papua yang satu ini. Ya, ulat sagu sudah lama dijadikan sebagai makanan khas Papua yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai lauk.

Selain itu, di dalam ulat sagu memiliki banyak kandungan yang pastinya bermanfaat bagi tubuh, seperti omega 3, omega 6, omeg 9, asam oleat, dan protein.

Cara menyantap ulat sagu pun terbilang mudah, kamu dapat menyantapnya dengan cara memakannya langsung atau dibakar seperti sate.

3. Sambal Colo-colo

sambal colo colo papuaKuliner khas dari Papua ini cocok banget dijadikan sebagai teman makan kamu, sambal khas Papua yang mempunyai cita rasa asam dan pedas ini  sangat pas disajikan dengan ikan bakar.

Rasa pedasnya khas dan sedikit asam karena adanya tambahan dari jeruk nipis. Membuat nafsu makan kamu jadi bertambah ya, kan?

4. Sarang Semut

sarang semut papuaKuliner khas Papua ini memang terbilang unik karena terbuat dari sarang semut. Rasa pahit pada sarang semut ini dipercaya ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Sarang semut biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue agar tidak terlalu pahit saat dikonsumsi.

Baca juga: 10 Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Enak Dan Populer

5. Aunu Sanebre

aunu sanebre papuaSelain unik makanan ini juga terbilang sederhana. Bahan utama dalam makanan ini yakni nasi dan ikan teri yang telah digoreng. Kemudian ikan teri dan nasi tersebut dicampur dengan irisan daun talas dan parutan kepala.

Setelah semua bahan tercampur menjadi satu, lalu diolah lebih lanjut dengan cara dikukus. Selain rasanya yang enak, aunu sanebre juga dapat dinikmati secara ramai-ramai.

6. Kue Bagea

kue bagea papuaKuliner yang satu ini terbuat dari bahan sagu yang bisa banget kamu coba saat berkunjung ke Papua.

Cita rasa nikmat yang dihasilkan dari perpaduan kenari dan sagu membuat kue bagea ini sangat disukai oleh masyarakat papua.

Selain itu, tekstur kue bagea ini sedikit keras tapi tetap nikmat untuk dimakan. Kue bagea cocok banget kamu jadikan sebagai buah tangan untuk di bawa pulang.

7. Kapurung atau Papeda

kapurung resepKuliner khas Papua lainnya yang tak kalah enak dan unik yakni papeda. Papeda adalah makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua.

Papeda sendiri terbuat dari bahan sagu yang telah diolah menjadi seperti bubur yang lengket dan kental.

Sagu adalah makanan pokok yang selalu digunakan masyarakat papua dalam bertahan hidup, karena harga beras di sana terbilang cukup mahal.

Papeda memiliki rasa tawar, sehingga masyarakat Papua suka menambahkan lauk lain seperti ikan goreng atau kuah kuning untuk pelengkap rasa kapurung ini.

8. Ikan Bakar Manokwari

ikan bakar manokwari khas papuaKarena papua dekat dengan pesisir pantai, maka tak heran jika masyarakat Papua suka mengkonsumsi hasil tangkapan lautnya.

Seperti ikan bakar manokwari ini, ikan yang digunakan adalah ikan tongkol yang telah dibakar dan diberi bumbu yang memberikan cita rasa gurih dan pedas saat menyantap makanan ini.

Cocok banget buat kamu yang suka makanan pedas.

9. Ikan Bungkus

ikan bungkus khas papuaKuliner khas Papua lainnya adalah ikan bungkus. Ikan bungkus khas Papua tidak sama dengan ikan bungkus yang sering kamu dengar.

Ikan bungkus biasanya dibungkus menggunakan daun pisang, namun berbeda dengan ikan bungkus yang ada di Papua ini karena dibungkus menggunakan daun talas.

Selain itu ikan yang digunakan hanya ikan laut bukan ikan air tawar.

10. Sagu Lempeng

sagu lempeng khas papuaSagu lempeng adalah makanan khas Papua yang dapat kamu coba saat berkunjung ke Papua.

Sagu lempeng biasanya dikonsumsi sebagai camilan yang ditemani dengan teh hangat. Tekstur sagu lempeng sedikit keras saat digigit, itulah yang menjadi ciri khas dari sagu lempeng ini.

11. Udang Selingkuh

udang selingkuh khas wamenaMakanan ini dapat kamu temui di Papua bagian Barat. Makanan ini memiliki nama yang cukup unik yakni udang selingkuh.

Mengapa dinamakan udang selingkuh? karena udang yang digunakan memiliki ukuran yang besar dengan capit seperti kepiting sehingga dinamakan sebagai udang selingkuh.

Cara mengolah udang selingkuh ini terbilang cukup mudah yaitu dengan cara di bakar, digoreng, direbus dan rasanya pun enak juga gurih.

12. Sagu Sep

resep sagu sepKuliner khas Papua yang satu ini memiliki bentuk seperti pizza dengan panjang 10 meter.

Adonan sagu sep dibuat berbahan dasar sagu dan kelapa muda. Kemudian diatasnya dikasin daging rusa atau ulat. Sagu sep biasanya dikonsumsi secara beramai-ramai.

13. Cacing Tambelo

cacing tambelo papuaMasyarakat Papua memang dikenal dengan kehidupannya yang alami, dari segi makanan pun orang papua masih mengandalkan alam.

Makanan kali ini dibuat dari cacing tambelo yang dijadikan sebagai makanan khas suku kamoro di Timika, Papua.

Kamu dapat menemukan masyarakat Papua mengkonsumsi cacing tambelo saat perayaan festival suku kamoro. Nah, itu dia daftar kuliner khas Papua yang terkenal enak dan juga unik pastinya.

Jika kamu ingin merasakan cita rasa makanan yang tidak biasa, maka makanan khas Papua di atas cocok banget buat kamu coba.

Namun jika tidak menyukai olahan makanan dari sagu, kamu juga bisa menyantap menu makanan lainnya seperti olahan laut yang tak kalah enak dari olahan produk laut di daerah di Indonesia lainnya.

Post Comment