Oleh-Oleh

12 Kuliner Malam Jakarta Legendaris, Untuk Makan Di Rumah

12 Kuliner Malam Jakarta Legendaris, Untuk Makan Di Rumah

Berburu kuliner malam Jakarta memang tak ada matinya. Hampir di seluruh penjuru Ibu Kota, ada saja entah itu kaki lima atau restoran yang menjajakan kuliner malam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tapi, dimasa pandemi ini lebih baik untuk dibawa pulang makanan atau minuman tersebut dan dinikmati saat sampai rumah bersama keluarga tercinta.

Kamu juga bisa pesan via ojek online kalau kamu mager untuk membelinya keluar. Berikut ini adalah beberapa tempat makan malam Jakarta legendaris yang bisa kamu coba makanannya.

1. Gultik

gultik jakartaGultik atau Gulai Tikungan adalah salah satu tempat makan legendaris di Jakarta yang bisa kamu jajal makanannya.

Letaknya di tikungan Jl. Mahakam, Blok M, Jakarta Pusat, kamu dapat menemukan pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan.

Gulai tikungan yang bisa kamu temukan di sini adalah gulai sapi yang di dalamnya ada daging sapid dan bagian lain seperti tetelan, urat, jeroan, hingga lemak.

2. Pecenongan

pecenongan jakartaKawasan pecenongan sudah terkenal menjadi pusat kuliner malam sejak 1970-an. Para pedagang mulai menjajakan dagangannya sejak pukul 17.00 hingga dini hari.

Di sini kamu bisa menemukan banyak jenis makanan dan beberapa yang paling populer adalah Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam.

Kuliner malam Jakarta ini memiliki menu andalah yaitu bubur kepiting dan ayam Hainan yang begitu nikmat.

Jika kamu ingin mencoba makanan yang manis, boleh di coba Martabak Pecenongan yang juga legendaris. Serta masih banyak warung tenda seafood yang menjual aneka hidangan laut segar.

3. Sate Padang Ajo Ramon

sate padang ajo ramon pasar santaTerletak di Jl. Cikajang Raya No.72 Senopati, Jakarta Pusat. Sate Padang Ajo Ramen ini menjadi salah satu yang paling terkenal dan legendaris di Jakarta.

Potongan daging sate di sini besar-besar, dan bumbu satenya yang kental dan pedas, juga nikmat. Selain daging sapi, ada juga daging lidah sapi yang kenyal dan menggugah selera.

Jangan lupa pesan sate bersama lontong agar menyantapnya semakin lengkap dan kenyang.

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

nasi goreng kambing kebon sirih jakartaNasi Goreng Kambing Kebon Sirih sudah ada sejak 1958, sehingga tak perlu diragukan lagi keistimewaannya.

Bumbu rempahnya yang sangat kuat dengan daging kambing yang dipotong besar-besar dan empuk, tentu memberikan sensasi tersendiri saat memakannya.

5. Sate Taichan Senayan

sate taichan senayan jakartaKawasan Senayan memang terkenal dengan banyaknya pedagang sate taichan. Salah satu yang populer adalah Sate Taichan Bang Ocit.

Terletak di Jl. Asia Afrika, sate taichan ini memiliki cita rasa gurih, pedas dan segar. Selain itu, daging ayamnya besar-besar dan harganya relatif murah.

6. Jalan Sabang

jalan sabang jakartaJalan Sabang juga terkenal dengan kuliner malam Jakarta yang begitu populer.

Tidak jauh dari kawasan Monas, kamu bisa menemukan aneka jenis makanan di sini. Mulai dari Sate Sabang Pak Hery, Sate Jaya Agung, Soto Ceker Ranjau, aneka seafood di Ben Seafood, dan masih banyak lagi.

7. Bubur Ayam Barito

bubur ayam barito jakartaPecinta bubur ayam pasti sudah tidak asing dengan Bubur Ayam Barito. Terletak di Jl. Gandaria Tengah III, kebayoran Baru, bubur ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Tekstur bubur yang kental, tapi tanpa tambahan kuah kaldu kuning. Uniknya, bubur ini juga ditambah dengan topping cheese stick atau stik keju dan daging ayam yang tebal.

Baca juga : 8 Kuliner Malam Jogja Yang Paling Banyak Di Cari

8. Nasi Uduk Kebon Kacang

nasi uduk kebon kacang, tanah abangKuliner malam Jakarta ini berada di kawasan Kebon Kacang dan cukup banyak warung nasi uduk. Salah satu tempat makan malam yang paling terkenal adalah Nasi Uduk dan Ayam Goreng Kebon Kacang Zainal Fanani.

Kedai satu ini seringkali ramai dikunjungi pelanggan, dan tak jarang selalu penuh serta sulit dapat tempat duduk. Di sini kamu bisa menikmati nasi uduk yang dibungkus daun pisang terbuka di bagian atasnya.

Terlihat taburan bawang goreng di atasnya yang menggugah selera makan. Satu porsi nasi uduk bisa dibilang sedikit, maka tidak heran kalau ada yang sedang lapar banget bisa ngabisin 5 bungkus nasi uduk.

9. Angkringan Blok M

angkringan blok m squareDi malam hari area dekat lobi Blok M Square akan berubah menjadi jajaran warung angkringan lengkap dengan tempat lesehannya.

Di sini kamu bisa memilih banyak jenis lauk pauk. Mulai dari ikan goreng, ayam goreng, tumis tauge, kikil, tempe orek, jamur, dan masih banyak lagi.

10. Ketan Susu Kemayoran

ketan susu kemayoran jakartaSuka makanan manis? Ketan Susu Kemayoran bisa jadi pilihan. Terletak di Jl. Garuda, Kemayoran, warung ini hampir selalu dipenuhi oleh pembeli. Ketan dengan tekstur yang lengket ditemani dengan kucuran kental manis dan keju menjadi campuran rasa yang luar biasa nikmat.

Jika ingin coba rasa yang lain, kamu juga bisa pesan ketan original dan ketan kelapa. Tidak itu saja, jika kamu sedang ingin camilan dengan rasa gurih kamu bisa memilih aneka gorengan.

11. Warung Ampera 2 Tak

warung ampera 2 tak cikiniLapar tengah malam? Bingung mau makan sama apa? Jangan khawatir, kamu bisa datang ke Warung Ampera 2 Tak yang selalu buka 24 jam di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Di sini kamu bisa menikmati kuliner malam Jakarta dengan hidangan makanan khas Sunda seperti tempe goreng, sayur asem, petai, ikan goreng, lalapan, dan sambal khas.

12. Café Batavia

café batavia jakartaSelain street food, di Jakarta juga ada kafe legendaris yang bisa kamu datangi di malam hari. Tepatnya di kawasan Kota Tua bernama Café Batavia. Letaknya tepat di seberang Museum Fatahilah.

Café Batavia memiliki gaya bangunan unik khas Belanda. Maklum saja, café ini sudah ada sejak 1805. Di sini kamu bisa menikmati makanan western seperti chicken wings, pastel, bitterballen, kroket salmon, hingga makanan khas Asia dan Indonesia seperti dim sum dan lumpia.

Itulah beberapa kuliner malam jakarta legendaris yang bisa coba. Meski tidak bisa memakannya langsung di tempatnya karena masih pandemi, namun tidak mengurangi cita rasanya yang begitu luar biasa. Selamat berwisata kuliner malam dan selalu perhatikan protokol kesehatan, ya!

Post Comment