Kuliner Unik

11 Kuliner Unik Khas Sumatra Utara Yang Bisa Kamu Coba

11 Kuliner Unik Khas Sumatra Utara Yang Bisa Kamu Coba

Beragam kuliner unik khas Sumatra Utara dengan cita rasa yang menggugah selera ini bisa kamu coba.

Ada berbagai sajian kuliner khas Sumatra Utara mulai dari saksang, Arsik, Dekke Na Niura, hingga Dali Horbo.

Tapi perlu kamu tahu bahwa ada beberapa sajian kuliner unik dari Sumatra ini berlabel non-halal seperti saksang yang terbuat dari daging babi dan ayam napidar yang menggunakan saos darah ayam.

Agar tidak penasaran, berikut adalah kuliner unik khas Sumatra Utara yang bisa kamu coba.

1. Arsik

ikan mas arsikArsik adalah kuliner yang terbuat dari ikan mas yang ditambah dengan bumbu khas daerah Tapanuli yang mempunyai rasa luar biasa.

Cara pembuatannya adalah arsik setelah dicampur dengan berbagai bumbu kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan air hingga air tersebut mengering. Setelah bumbu meresap merata baru lah bisa disantap.

2. Dali Ni Horbo

dali ni horbo adalahMenjadi salah satu kuliner yang unik karena dalam pembuatannya menggunakan susu kerbau sebagai bahan utamanya.

Proses memasaknya pun hampir sama dengan arsik, yaitu dengan mencampur susu yang telah dibekukan bersama bumbu khas Sumatra Utara salah satunya adalah andaliman.

3. Kue Ombus-Ombus

kue ombus-ombus khas batakKue ombus-ombus merupakan kue kering khas dari kota Siborong-borong. Kue yang satu ini dibuat dari tepung beras yang telah dicampur dengan gula merah.

kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Warga setempat biasanya menikmati kue ini bersama secangkir kopi.

4. Bika Ambon

bika ambon kukusBika Ambon menjadi salah satu kue yang sangat terkenal di Sumatra Utara.

kuliner satu ini memiliki bentuk unik yang menambah daya tarik dan penasaran bagi seseorang yang baru pertama kali melihatnya. Cita rasanya pun cocok di lidahmu.

Baca juga: 8 Kuliner Khas Kendari Yang Enak dan Wajib Kamu Coba

5. Lappet

lappet pulutKuliner unik khas Sumatra Utara ini hampir sama dengan kue Ombus-ombus yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

Yang membedakan kue lappet dengan kue Ombus-ombus terletak di campuran pembuatannya saja, yakni Lappet hanya menggunakan santan kelapa saja.

6. Sambal Tuktuk

sambal tuktuk andalimanIngin coba sambal tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli? Sambal Tuktuk menjadi pilihan yang tepat. Sambal tuktuk hampir sama dengan sambal pada umumnya.

Tapi yang membedakan sambal tuktuk adalah campuran ikan aso-aso, yakni sejenis ikan kembung yang telah dikeringkan. Jika tidak menemukan ikan aso-aso, dapat diganti dengan ikan teri tawar.

7. Mi Gomak

resep mie gomak gorengMi Gomak telah dikenal sebagai spagetinya masyarakat Sumatra Utara yang kini telah banyak dijual di rumah makan di Sumatra Utara.

untuk membuat Mi Gomak terbilang mudah, kamu hanya perlu merebus mi spageti lalu tambahkan bumbu khas daerah yang kaya akan rempah sehingga rasanya pun luar biasa.

8. Ayam Napinadar

resep ayam napidanarAyam Napinadar adalah masakan khas Batak yang sering dihidangkan pada pesta adat karena resep membuat sajian ini cukup rumit.

Yang menjadikan kuliner unik khas Sumatra Utara ini adalah penggunaan saos ayam yang dibuat dari darah ayam itu sendiri.

Dalam proses memasaknya, ayam yang telah dibersihkan harus dipanggang terlebih dahulu. Kemudian disiram dengan saos spesial yaitu darah ayam itu sendiri. Lalu dicampur dengan bawang putih, dan andaliman.

9. Saksang

saksang medanSaksang merupakan kuliner unik khas Sumatra Utara non-halal yang dibuat dari daging anjing, babi atau kerbau yang telah dicincang.

Kemudian diberi bumbu rempah dan santan. Terkadang darah hasil sembelihan hewan tersebut dicampurkan ketika sedang dimasak.

10. Ikan Mas Naniura

ikan mas naniura khas batakMau menikmati sensasi makan ikan yang berbeda dari biasanya? Kamu wajib mencoba kuliner unik khas Sumatra Utara yakni ikan mas naniura. Ikan mas naniura sering juga disebut sebagai sashimi ala Batak.

Karena penggunaan ikan mas segar yang masih mentah dan disajikan dengan bumbu berwarna kuning.

Meski mentah, kamu tidak usah khawatir karena ikan mas tersebut tidak akan menimbulkan bau amis. Karena tidak menggunakan proses pematangan sama sekali.

Ikan mas tersebut diproses dengan menggunakan air asam jungga atau jeruk purut. Sehingga membuat cita rasanya kuat, gurih, harum, dan pedas.

Kamu tidak perlu repot dengan duri ikan mas ini karena duri dan lendirnya telah dibersihkan sebelum disajikan. Kuliner khas Sumatra Utara ini paling pas dinikmati bersama nasi putih hangat.

Bagi kamu yang tertarik dengan kuliner yang unik satu ini, kamu bisa menemukannya di daerah Danau Toba, Medan atau Pematang Siantar.

11. Bubur Pedas

bubur pedas pontianakBuat kamu yang sedang berlibur ke Sumatra Utara, jangan lupa untuk mencicipi bubur pedas yang telah ada sejak zaman kerajaan Melayu. Biasanya bubur pedas dinikmati saat bulan puasa oleh masyarakat Sumatra Utara.

Bubur yang satu ini memiliki keunikan yaitu menggunakan daun yang tidak biasa sepeti daun jeruk, daun mengkudu, daun kunyit, hingga daun jambu biji.

Daun-daun tersebut dihancurkan dan dicampur ke dalam bubur saat dimasak. Memiliki rasa yang gurih dan pedas merupakan hasil perpaduan kuah santan dan bumbu khas dari bubur pedas.

Bubur pedas biasanya dimasak dengan tungku tradisional dan panci yang besar. Bubur pedas ini juga bisa menghangat tubuh lho!

Nah, itu dia 11 kuliner unik khas Sumatra Utara yang bisa kamu coba. Buat kamu yang beragama muslim, tenang aja karena masih ada beberapa makanan yang pastinya halal dan bisa kamu coba. Jadi kuliner apa yang ingin kamu coba duluan?

Post Comment