Kuliner Nusantara

10 Makanan Khas Kalimantan Selatan Dengan Rasa Luar Biasa

10 Makanan Khas Kalimantan Selatan Dengan Rasa Luar Biasa

Berlibur ke Kalimantan Selatan, tak harus selalu menikmati beragam keindahan pesona alamnya saja. Tapi mencoba beragam makanan khas Kalimantan Selatan yang menggoda juga patut dijadikan sebagai agenda wajib.

Pasalnya, disamping sektor pariwisatanya yang cukup potensial. provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini juga memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat menggugah selera.

Berikut ini adalah daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang rasanya tak perlu diragukan lagi untuk kamu coba!

1. Ketupat kandangan

ketupat kandangan banjarmasinMakanan khas ini berasal dari Kandangan, Kalimantan Selatan yang memiliki cita rasa otentik. Jika biasanya ketupat dihidangkan bersama daging atau ayam, ketupat Kandangan ini disajikan bersama ikan.

Ikan yang digunakan dalam makanan ini adalah ikan gabus. Ikan gabus dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak bersama kuah santan yang penuh bumbu.

2. Manday

mandai banjar Kalau Jogja punya gudeg yang dibuat dari nangka, maka Kalimantan Selatan punya sajian khas yang dibuat dari buah cempedak. Bedanya manday ini dibuat dari kulit buah cempedak.

Cempedak sendiri merupakan sejenis buah yang mirip dengan buah nangka. Proses pembuatan makanan ini dengan cara diasinkan selama beberapa hari.

Manday dapat dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu. Makanan khas Kalimantan Selatan ini cukup enak dibandingkan dengan makanan lainnya.

3. Soto banjar

soto banjar kalimantan selatanSoto khas Banjar ini memiliki cita rasa unik dan berbeda dari soto yang biasa kamu makan. Soto banjar memiliki kuah bening yang kaya akan rempah khususnya kayu manis.

Umumnya soto dimasak tidak menggunakan kayu manis, maka rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa kamu makan.

4. Gangan Asam Banjar

gangan asam banjar kalimantan selatanSebenarnya makanan satu ini adalah makanan rumahan, tapi sekarang sudah mulai dijajakan dibeberapa rumah makan lokal. Gangan memiliki arti sayur dalam bahasa Kalimantan Selatan.

Jadi bisa dikatakan bahwa gangan asam adalah sayur asam. Sayur asam khas Kalimantan Selatan tentu berbeda dengan sayur asam yang biasanya kamu temui.

Gangan asam memiliki kuah berwarna kuning, karena terbuat dari kunyit dan rasanya asam segar juga gurih.

Gangan asam menggunakan tambahan ikan haruan atau ikan gabus, bahkan terkadang menggunakan ikan patin. Makanan khas Kalimantan Selatan ini paling enak disantap bersama nasi hangat.

5. Iwak Pakasam

iwak pakasam banjarmasinIwak Pakasam atau iwak basamu adalah ikan yang diawetkan. Teknik mengawetkan ikan ini menggunakan bahan kunyit, beras sangria, dan garam, kemudian ditumbuk kasar.

Adapun jenis ikan yang biasanya diawetkan diantara lain gabus, saluang, sepat dan ikan papuyu.

Beragam ikan tersebut kemudian diawetkan selama beberapa waktu tergantung selera. Setelah diawetkan ikan tersebut biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Untuk hal ini, kamu tak perlu menambahkan berbagai bumbu karena ikan tersebut telah ditambahkan berbagai bumbu sebelumnya. Sensasi gurih dan kriuk saat menyantap ikan ini akan kamu peroleh.

6. Gangan humbut

gangan humbut banjarMakanan khas satu ini tidak sering muncul, karena hanya muncul pada saat bulan ramadhan atau berbagai acara resmi seperti pernikahan atau acara hajatan lainnya.

Gangan humbut adalah adalah makanan yang dibuat dari potongan iga sapi yang diolah sedemikian rupa dengan rebung, dan bumbu khas Kalimantan Selatan lainnya.

Untuk rasa, masakan ini mempunyai cita rasa manis, dan juga gurih. Rasa manis ini yang akan mendominasi kuliner ini.

Ini yang membuat kuliner ini berbeda dengan aneka jenis sayur lainnya, dan kuliner ini paling pas jika dikonsumsi bersama nasi hangat.

Baca juga: 9 Makanan Khas Dayak Yang Unik Dan Menarik Untuk Dicoba

7. Sate tulang

sate tulang banjarmasinUntuk kamu yang menyukai panganan sate, maka kamu harus mencoba makanan yang satu ini. sate khas Kalimantan Selatan ini berbeda dengan sate di daerah lainnya.

Makanan khas Kalimantan Selatan ini menjadi panganan khas yang paling digemari oleh masyarakat sini.

Meski namanya sate tulang, namun hal ini tidak ada hubungannya dengan tulang. Sate ini dibuat dari sisa bagian tubuh ayam yang sudah tidak terpakai, seperti bagian kulit dan lemak.

Kemudian semua bahan digiling bersama bumbu merah atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan bumbu habang (karena didominasi dengan cabai).

Untuk rasa makanan ini tidak terlalu pedas bahkan ada campuran rasa manis yang mampu menghasilkan citarasa luar biasa.

8. Lontong orari

lontong orari banjarmasinJika kamu sedang berlibur ke kota Banjar, maka jangan lupa untuk mencoba makanan khas Kalimantan satu ini. Lontong Orari adalah salah satu menu yang bisa kamu konsumsi, baik di pagi, siang atau malam hari.

Bila dilihat dari penampilan, lontong orari ini hampir mirip dengan lontong sayur pada umumnya. Namun tentu saja ada yang berbeda. Lontong orari memiliki bentuk bulat memanjang, melainkan berbentuk segitiga.

Yang kedua adalah lauk yang menemani lontong tersebut, jika biasanya kamu akan menemukan kuah yang berisi daging ayam atau jeroan sapi, maka dalam makanan ini, kamu akan menemukan beberapa macam lauk, salah satunya adalah ikan haruan.

9. Lamang

lamang tapaiSebagian dari kamu mungkin sudah pernah mengenal atau bahkan merasakan kuliner yang satu ini. kuliner khas satu ini dimasak di dalam seruas bambu.

Bahan utama dalam pembuatan lamang ini adalah beras ketan. Biasanya lamang kandangan dihidangkan bersama sambal sate, yang terbuat dari kacang tanah, kemiri, dan cabai merah.

Dalam penyajiannya, lamang biasanya dipotong dan ditata di tengah piring. Kemudian disiram bumbu sate dan ditambahkan telur asin juga kacang Negara yang sebelumnya telah dimasak dengan bumbu kareh. Cita rasa pada makanan ini sungguh luar biasa.

10. Kalangkala

pohon buah kalangkala kalimantanKalangkala merupakan makanan unik yang harus kamu coba. Tak seperti sayur pada umumnya, bahan utama pada makanan ini adalah buah yang memiliki nama sama yaitu kalangkala.

Bentuknya bulat dan berwarna merah muda setelah matang. Buah satu ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Untuk rasa buah ini mirip alpukat dengan daging yang begitu lembut.

sayur ini dibuat dengan menggunakan kuah bening, karena hanya ditaburi sedikit garam, atau membubuhkan cabai. Makanan khas ini paling enak disantap bersama nasi, sambal dan ikan.

Nah itulah 10 makanan khas Kalimantan Selatan dengan cita rasa yang luar biasa. Jadi, saat berlibur ke tempat wisata Kalimantan Selatan ada baiknya untuk mencoba beragam kuliner di atas ya. Agar liburan kamu terasa lebih komplit!

Post Comment