Kuliner Nusantara

12 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Mampu Menggoyang Lidah

12 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Mampu Menggoyang Lidah

Makanan khas Kalimantan Timur mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Hal itu wajar saja karena sebagian besar kulinernya belum dibawa ke kota-kota lain.

Sehingga jika ingin mencoba kenikmatan dari masakan khas Kalimantan Timur kamu harus pergi ke sana dulu.

Meski makanan dari Kalimantan secara umum belum terekspos semua, tapi bukan berarti hidangan khas Kalimantan Timur ini tidak memiliki cita rasa yang sanggup membuat kamu ketagihan.

Malah rasa yang ditawarkan begitu nendang di mulut dan bikin nagih karena rata-rata makanannya “menusuk lidah” alias pedas.

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang mampu menggoyang lidah saat menyantapnya!

1. Nasi Bekepor

nasi bekepor khas kalimantan timurNasi Bekepor adalah nasi liwet yang dipadukan dengan aneka bumbu rempah, minyak sayur dan ikan asin. Dalam proses pembuatan makanan ini menggunakan alat khusus, yaitu ketel.

Kemudian beras dan bumbu rempah dimasak bersamaan. Lalu masukkan ikan asin, cabai, kemangi, dan jeruk nipis. Jika bagian pinggir nasi sudah berkerak, maka tandanya sudah bisa diangkat.

Umumnya Nasi Bekepor disajikan bersama daging masak bumi hangus atau sayur gangan asam kutai.

2. Ayam Cincane

ayam cincane kalimantan timurOlahan daging satu ini cukup populer, khususnya di Kota Samarinda. Jika dilihat sekilas, tampilannya tak jauh beda dengan masakan ayam lainnya yang ada di Indonesia.

Hanya saja daging ayam ini dibumbui terlebih dahulu lalu dibakar. Tapi, saat kamu mencicipi masakan khas Kalimantan Timur ini akan terasa perbedaannya.

Terutama pada penggunaan bumbu merah, cita rasa lengkuas, jahe, dan kemiri akan langsung menempel di lidah.

Apalagi tekstur pada Ayam Cincane ini lebih lembut dan gurih karena menggunakan ayam kampung, sehingga membuat lidah tak bisa berhenti bergoyang saking enaknya.

3. Nasi Kuning

nasi kuning khas kalimantan timurMakanan khas satu ini mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

Dibuat dari beras yang dimasak bersama bumbu rempah dan santan dapat memberikan cita rasa gurih yang begitu menggugah selera. Warna kuningnya sendiri di dapat dari pewarna makanan alami, yaitu kunyit.

Umumnya Nasi Kuning disajikan bersama lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, telur dadar, dan lainnya.

Tapi yang special dari makanan khas Samarinda ini adalah kombinasi lauknya. Ada ikan gabus, serundeng, telur bumbu Bali, dan taburan bawang merah.

saking istimewanya makanan ini, pada tahun 2013 pemerintah setempat mendirikan tempat khusus untuk para penjual makanan ini yaitu “Kampung Nasi Kuning”.

4. Gence Ruan

makanan gence ruanMakanan khas Kalimantan Timur kebanyakan dibuat dari bahan dasar ikan dan hasil laut, maka tidak heran jika kamu banyak menemukan sajian makanan yang berupa bahan tersebut.

Salah satu makanan tersebut adalah Gence Ruan. Nama “Ruan” diambil dari 4 huruf dari bahan utama makanan ini, yakni ikan haruan atau yang dikenal dengan ikan gabus.

Sedangkan, “Gence” adalah nama bumbu special yang digunakan dalam masakan tersebut. Umumnya, ikan haruan dibakar atau digoreng kering lalu dilumuri dengan garam.

Jika sudah matang, ikan kemudian dicampur dengan bumbu bercita rasa manis dan pedas. Bumbu tersebut terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan air asam jawa.

5. Sayur Asam Kutai

sayur asam khas kutaiSayur Asam Kutai merupakan salah satu jenis sayur khas yang ada di Indonesia. variasi dalam sayur ini pun bermacam-macam seperti sayur asam ikan asin, sayur asam kangkung, dan sayur asam khas Betawi.

Tapi jika berbicara mengenai makanan khas Kutai, Kalimantan Timur ini sedikit unik.

Karena bahan utama dalam pembuatan sayur ini adalah kepala ikan gabus. Pelengkap lainnya adalah kangkung, potongan talas, dan jantung pisang batu.

6. Rabo Ruan

resep rabo ruanMakanan khas Kalimantan Timur lainnya yang mampu menggoyang lidah kamu tanpa henti adalah Rabo Ruan. Makanan satu ini tak jauh beda dengan Gence Ruan, karena bahan utama dalam pembuatannya adalah ikan gabus.

Tapi yang membedakan hanyalah ikan tersebut tidak dibuat utuh, melainkan dijadikan mirip seperti abon. Meski begitu, dari segi rasa sangatlah berbeda antara keduanya. Begitu pun dalam proses pembuatannya.

Sebab dalam pembuatan Rabo Ruan, ikan gabus akan dikukus hingga setengah matang lalu di suwir-suwir. Kemudian dicampur bersama bumbu seperti cabai, garam, ketumbar, bawang putih, bawang merah dan gula.

Setelah itu, dimasak bersama santan dengan api kecil. Sangat pas untuk dijadikan lauk makan siang.

7. Daging Masak Bumbu Hangus

daging masak bumbu hangus khas samarindaMakanan khas satu ini terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama bumbu kecap, sehingga menghasilkan warna seperti gosong.

Tap hal tersebut tidak sampai mengurangi selera penikmat kuliner satu ini saat mencobanya. Terlebih lagi, penggunaan rempah-rempah pada masakan ini mampu membuat penikmatnya kecanduan ingin lagi dan lagi.

8. Gangan Manok

resep gangan manokDari bentuknya saja bisa ditebak bahwa makanan satu ini hampir sama dengan bakso. Tapi yang membuatnya berbeda adalah penggunaan daging ayam pada makanan tersebut.

Daging ayam yang telah dibersihkan kemudian digiling dan dicampur dengan semua bahan, lalu dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Kemudian dimasukkan ke dalam air kaldu dan tunggu hinga Gangan Manok matang.

Saat Gangan Manok tersentuh lidah, akan terasa daging ayam yang begitu gurih.

Teksturnya yang sangat lembut membuat makanan khas Kalimantan Timur ini mudah dikunyah. Kuahnya yang begitu kental dengan rasa kaldu yang begitu kuat, mampu membuat kamu nagih pengen nambah.

Baca juga: 12 Makanan Khas Kalimantan Barat Terkenal Enak Lho, Gengs

9. Ayam Suwir Cabai Hijau

ayam suwir kecap cabe ijoJika kamu bosan dengan menu ayam yang itu-itu saja, kamu dapat mencoba makanan satu ini. ayam Suwir Cabai Hijau hampir mirip dengan oseng-oseng, yang membedakan adalah isi didalamnya yang bukan hanya sayuran.

Melainkan daging ayam suwir yang telah ditumis bersama daun bawang, bawang Bombay, daun salam, jahe, lengkuas, dan aneka rempah lainnya.

Karena penggunaan bumbu rempah yang sangat kuat, sehingga rasanya pun mampu menggetarkan lidah dan pedasnya pun begitu nagih.

10. Pepes Kepiting

pepes kepiting samarindaJika pepes umumnya dibuat menggunakan daging ayam atau ikan, maka berbeda dengan Kalimantan Timur yang menggunakan daging kepiting sebagai bahan utamanya.

Biasanya kepiting yang dipilih untuk dijadikan pepes adalah kepiting soka. Untuk menciptakan rasa sedap pada makanan ini menggunakan bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, kemangi, serai, dan aneka rempah lainnya sebelum dibungkus menggunakan daun pisang.

Setelah itu, pepes kepiting dikukus hingga matang. Untuk menghadirkan aroma yang mengundang selera, maka makanan ini dibakar diatas bara api.

Meski banyak menggunakan rempah, tapi saat masuk ke mulut rasa yang begitu kuat adalah rasa pedas.

11. Sate Payau

sate payau khas kalimantan timurUmumnya bahan utama dalam pembuatan sate kalau tidak daging ayam, sapi, kambing atau bekicot. Tapi di Kalimantan Timur ada yang sedikit unik dari makanan ini yakni menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya.

Namun setelah bertahun-tahun masyarakat sekitar sudah jarang menemukan makanan khas Kalimantan Timur ini. hal ini dikarenakan rusa merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh Negara.

Walaupun begitu, wisatawan masih bisa menemukan kuliner unik satu ini saat ada festival atau acara adat yang diselenggarakan provinsi.

Menurut orang yang pernah mencobanya, sate payau memiliki rasa gurih dan manis, terlebih daging rusa memiliki tekstur yang lembut.

12. Sambal Raja

sambal raja kalimantan timurSambal Raja merupakan sajian pendamping yang berkaitan dengan sejarah. Bersama nasi bekepor, dulunya sambal ini hanya bisa dinikmati oleh para raja dari kerajaan Kutai.

Tapi setelah generasi ke generasi, sambal raja ini dapat dinikmati oleh anggota kerajaan dan masyarakat biasa. Tak hanya cabai yang diuleg bersama bumbu, sambal raja lebih dari itu.

Karena di dalamnya terdapat berbagai macam sayuran seperti terong ungu. Kacang panjang, telur rebus, irisan bawang merah dan disiram bumbu pedas.

Cara membuatnya sangat mudah, semua sayuran tersebut dipotong menjadi kecil atau dicincang. Kemudian digoreng bersama cabai rawit, cabai merah, gula, terasi, dan garam yang telah dihaluskan. Setelah itu beri perasan jeruk cina.

Umumnya makanan ini disajikan dengan menu sederhana lainnya seperti nasi putih hangat, sate payau, hingga pepes kepiting. Dijamin rasanya bikin nendang dimulut.

Dengan beragam makanan di atas, maka kamu tidak akan kesulitan dan bingung saat ingin menyantap hidangan apa saat sampai di Kalimantan Timur. Menurut kamu, makanan khas Kalimantan Timur mana yang menggugah selera makan kamu?

Post Comment