Kuliner Mancanegara

15 Makanan Khas Kamboja Yang Bisa Kamu Coba

15 Makanan Khas Kamboja Yang Bisa Kamu Coba

Kamboja memiliki kebudayaan khas dan tak kalah menarik dengan negara Asia Tenggara lainnya. Keunikan budaya tersebut dapat dilihat dari makanan khas Kamboja yang sangat beragam.

Berkunjung ke Kamboja tentu tak lengkap sebelum kamu mencoba langsung cita rasa dari makanan tradisional asal Kamboja langsung di negaranya sendiri.

Berikut pilihan makanan khas dari Kamboja yang bisa kamu coba saat berlibur ke negara ini.

1. Kampot Pepper Crabs

kampot pepper crabs kambojaKampot adalah makanan khas Kamboja yang banyak ditemukan di daerah pesisir. Jika kamu pecinta olahan kepiting, Kampot merupakan kuliner Kamboja yang pas untukmu.

Diolah dari kepiting segar hasil tangkapan nelayan setempat, makanan diolah dengan beragam bumbu yang mambuat rasa dari kepiting sangat gurih dan juga pedas.

Selain di kota-kota Pesisir, makanan khas ini juga bisa ditemukan di kota-kota besar lainnya di Kamboja.

2. Lap Khmer

lap khmer kambojaKuliner satu ini memiliki cita rasa menarik yaitu Lap Khmer.

Olahan daging sapi yang diiris tipis dan direndam dalam perasan jeruk nipis bersama beragam rempah, daun, dan bumbu lainnya ini memiliki cita rasa tajam yang sangat kaya.

Jadi, jika kamu tak terlalu suka rasa rempah yang kuat dan pedas, mungkin kamu bisa mencoba makanan khas dari Kamboja yang lain.

3. Lok Lak

lok lak beefMasih berbahan dasar daging sapi, Lok Lak merupakan makanan khas Kamboja yang lezat dan wajib kamu coba.

Sebelum dimasak daging akan direndam semalaman dengan kecap asin, kecap manis, lada, perasan lemon, dan berbagai bumbu lainnya. Sehingga cita rasa yang dihasilkan oleh Lok Lak akan sangat gurij saat tersentuh lidah.

Umumnya sajian khas Kamboja ini disajikan dengan sayur-sayuran segar bersama sepiring nasi hangat.

Tak cuma daging sapi, olahan tradisional Kamboja ini juga kerap dibuat menggunakan daging ayam, daging rusa, ataupun daging babi.

4. Nom Banh Chok

nom banh chok cambodiaUntuk sarapan atau makan pagi, makanan khas dari Kamboja selanjutnya ini merupakan pilihan favorit.

Terbuat dari mie beras bertekstur lembut dan tipisyang disajikan bersama saus ikan hijau, tauge, bunga pisang, mentimun, dan sayur-sayuran, kuliner asal Kamboja ini menawarkan cita rasa unik yang sayang untuk dilewatkan.

5. Prahok Ktiss

cambodian prahok ktissPrahok ktiss merupakan fermentasi pasta ikan yang menghasilkan cita rasa dan aroma yang cukup kuat.

Bumbu ini kerap kali dijadikan sebagai pelengkap masakan khas Kamboja atau dijadikan sebagai rendaman berbagai daging-dagingan.

6. Samlor Machu Trey

samlor machu trey kambojaSamlor Machu Trey bisa dikatakan adalah sup ikan ala Kamboja yang cukup digemari baik oleh masyarakat Kamboja ataupun wisatawan yang tengah berlibur ke Kamboja.

Olahan fillet Ikan dimasak bersama kaldu dan bergaam bumbu yang memiliki perpaduan rasa gurih, manis, dan sedikit asam sehingga terasa sangat menyegarkan saat disantap.

7. Bok L’hong

salad pepaya khas thailandBok L’hong merupakan salad yang dibuat dari pepaya muda.

Untuk membuat Bok L’hong ini daging pepaya yang telah diiris, kemudian ditumbuk menggunakan cobek bersama bumbu-bumbu seperti Prahok, kecap asin, dan jeruk limau.

Layaknya rujak buah, makanan khas ini dapat memberikan cita rasa yang segar saat disantap.

8. Ansom Chek

Ansom Chek kambojaMakanan khas Kamboja lainnya adalah Ansom Chek yang merupakan olahan buah pisang yang dimasak bersama nasi dan dibungkus menggunakan daun pisang layaknya lemper sebelum kemudian dikukus hingga matang.

Perpaduan rasa manis dari pisang dan nasi membuat cita rasa makanan ini menjadi unik dan mengenyangkan. Sehingga cocok disantap sebagai sarapan pagi.

9. Ansom Chrook

Ansom Chrook kambojaMakanan khas Kamboja ini sekilas tak jauh beda dengan Ansom Chek. Tapi ada yang membedakan dari kedua makanan ini yaitu isinya yang tidak menggunakan buah pisang, melainkan daging babi dan pasta kacang hijau.

Dari rasa pun tidak sama, karena Ansom Chrook tidak memiliki rasa manis namun cenderung memiliki rasa gurih dan asin yang sangat menggoda.

10. Ang Dtrai Meuk

ang dtray-meukPilihan lain untuk para pecinta kuliner seafood adalah Ang Dtrai Meuk, sajian cumi-cumi panggang yang sangat mudah ditemukan saat kamu tengah menjelajahi kota-kota pesisir Kamboja.

Meski menggunakan bumbu sederhana, tapi cita rasa makanan khas ini tak boleh dianggap remeh. Terlebih lagi saat didampingi saus kemerahan khas Kamboja yang memiliki campuran rasa manis, gurih dan pedas yang lezat.

Baca juga: 12 Makanan Khas Myanmar Yang Harus Kamu Coba

11. Semut Merah & Beragam Serangga Lainnya

makanan khas kambojaBuat yang ingin mencoba kuliner Kamboja yang lebih ekstrim, kamu bisa coba cicipi berbagai serangga yang banyak dijual oleh para pedagang kaki lima dan juga tempat-tempat makan tertentu di Kamboja.

Mulai dari jangkring, belalang, hingga laba-laba tarantula bisa kamu coba. Salah satu panganan serangga khas Kamboja yang populer adalah olahan semut merah yang dimasak bersama irisan daging sapi dan beragam bumbu serta rempah. Tertarik mencoba?

12. Khmer Red Curry

khmer red curry chickenTak cuma India, Jepang, dan berbagai negara Asia lainnya, Kamboja juga memiliki sajian Kari khas yang cuma bisa kamu coba saat berada di Kamboja.

Berbeda dengan Kari yang umumnya memiliki warna kekuningan, Khmer Red Curry khas Kamboja ini memiliki warna kemerahan dan kuah yang sangat kental.

Untuk isi, makanan khas Kamboja ini menggunakan daging sapi atau daging ayam dan ikan serta dilengkapi beragam sayuran seperti terong, buncis, dan kentang.

Biasanya kuliner khas Kamboja ini akan disajikan bersama roti sebagai pelengkap.

13. Nom Plae Ai

nom plae ai cambodiaTerbuat dari bahan dasar tepung beras yang diisi dengan gula, Nom Plae Ai adalah salah kue tradisional khas Kamboja favorit.

Berbentuk bulat dengan warna putih, kue ini disajikan bersama taburan parutan kelapa yang memberikan aroma nikmat pada kuliner khas Kamboja ini.

14. Kralan

kralan kambojaSelain Nom Plae Ai, masih ada kue khas Kamboja lainnya yang tak kalah unik, yakni Kralan.

Terbuat dari beras ketan yang diolah bersama kacang hitam, parutan kelapa, dan santan, keunikan dari kuliner khas Kamboja ini adalah proses memasaknya yakni dengan cara dibakar di dalam bambu.

Proses memasak ini memberikan aroma khusus pada Kralan yang sangat nikmat dan khas.

15. Bai Cha

bai cha kambojaBai Cha bisa dikatakan sebagai nasi gorengnya Kamboja. Soal komposisi, Bai Cha memiliki isian yang bervariasi dan tak jauh berbeda dengan nasi goreng di Indonesia.

Namun, bumbu dan rempah khas Kamboja yang melengkapi makanan ini membuat Bai Cha tetap memiliki cita rasa khas yang menarik untuk dicoba.

Nah, itu dia 15 makanan khas Kamboja yang terkenal enak dan wajib kamu coba saat berwisata ke Kamboja. Jadi, jangan lewatkan liburan kamu untuk mencicipi salah satu makanan khas dari Kamboja di atas, ya!

Post Comment