Kuliner Mancanegara

15 Makanan Khas Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba

15 Makanan Khas Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba

Buat kamu penggemar film, drama, musik maupun artis-artis Korea pasti tidak akan asing dengan beberapa makanan khas Korea Selatan yang akan dibahas kali ini.

Ditambah akhir-akhir ini dunia Kpop sedang mewabah di Indonesia kita tercinta. Baik dari segi film, musik maupun makanan.

Tidak kalah dengan negara-negara tetangganya seperti Jepang maupun Cina, makanan khas Negeri Ginseng itu pun dapat memanjakan lidah kamu dan harus kamu coba.

Apa sajakah makanan tersebut? Mari kita simak ulasannya.

1. Kimchi

kimchi koreaKimci merupakan sayuran yang telah difermentasi, kalau di Indonesia mungkin hampir mirip dengan asinan.

Biasaya sayuran yang digunakan untuk pembuatan kimchi adalah sawi putih, lobak, dan mentimun. Makanan khas Korea Selatan ini dapat bertahan lama jika disimpan di dalam lemari es atau disimpan dengan baik.

2. Kimbap

kimbap resepJika kuliner khas Jepang ada sushi, maka di Korea Selatan ada sushi yang bernama kimbab.

Makanan satu ini tak jauh beda dengan sushi. Varian dari isian kimbab ini berupa daging, sayur, tapi bisa juga dimodifikasi sesuai selera.

Untuk nasinya dibumbui dengan sedikit garam dan minyak wijen. Dan tak lupa pula ada rumput lautnya yang umumnya berada di luar gulungan kimbap.

3. Bibimbap

bibimbap bulgogiBibimbap ini merupakan nasi campur ala Korea. Disebut nasi campur karena untuk menikmati makanan ini yaitu dengan mencampur nasi dan lauk pauk menjadi satu.

Kemudian barulah dapat dimakan dengan tambahan saus sambal. Bibimbap sendiri biasa disantap sebagai menu sehari-hari. Biasanya disajikan dalam mangkuk.

Ada juga yang disajikan dalam mangkuk panas dan biasanya ditambahkan telur mentah (kuning telurnya saja) di atasnya.

Bagi kamu yang kesulitan untuk mencari makanan halal di Korea Selatan, menu yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan yang wajib kamu cicipi.

4. Bulgogi

bulgogi ayamBulgogi merupakan daging sapi yang sudah diiris tipis dan kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

Bisanya sebelum dipanggang, daging sapi tersebut telah dibumbui terlebih dahulu. Bulgogi biasanya dimakan pula dengan lauk-pauk yang lainnya, atau dibungkus dengan daun selada dan baru dimakan.

5. Ramyeon

ramyeon koreaJika di Jepang makanan ini bernama ramen, maka di Korea Selatan makanan ini disebut Ramyeon.

Makanan khas Korea Selatan ini merupakan mie instan dan pastinya kamu tak asing dengan makanan satu ini, karena hampir di banyak di film korea selalu ada adegan ketima makan ramyeon ini.

Cara makan ramyeon pun terbilang unik, karena biasanya orang Korea akan langsung makan ramyeon dari pancinya.

Kamu pun bisa membeli ramyeon instan yang banyak dijual di banyak gerai minimarket di Korea Selatan untuk dijadikan oleh-oleh khas korea.

6. Jjajangmyeon

jajangmyeon halalKuliner satu ini hampir mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia. Salah satu mie khas Korea Selatan ini biasanya dicampur dengan saus kedelai hitam kental, kemudian ditambahkan sayur dan potongan daging.

Tapi buat kamu yang beragama Islam patutnya untuk berhati-hati, karena biasanya potongan daging dari makanan ini menggunakan daging babi.

7. Japchae / Chapchae

japchae maangchiJika dilihat sekilas dari segi tampilannya mirip dengan capcay yang ada di Indonesia.

Tapi nyatanya bahan utama dalam pembuatan makanan khas Korea Selatan ini adalah mie (bihun ala korea) yang ditambah dengan sayuran. Jadi berbeda dengan capcay yang ada di Indonesia.

8. Miyeok Guk

miyeok guk maangchiMiyeok guk merupakan sup rumput laut. Bahan utama dalam makanan ini adalah rumput laut kering yang dimasak dengan cara merendam rumput laut tersebut ke dalam air hingga menjadi lunak.

Kemudian dicampur ke dalam air kaldu dan diberi bumbu seperti garam, kecap, dan minyak wijen.

Baca juga: 12 Makanan Khas Jepang Populer Yang Wajib Kamu Coba

9. Teok

tteok pokkiTeok merupakan kue beras. Jenis dari kue beras ini beragam. Biasanya disajikan saat upacara-upacara tertentu.

Namun karena jenisnya yang banyak, kue beras ini tidak hanya dimakan di hari tertentu saja karena di sepanjang tahun pun kita bisa memakannya. Salah satu jenisnya yang terkenal adalah tteokbokki yang nanti akan dibahas.

10. Kepiting Saus Korea

ganjang gejang crabApa bedanya kepiting saus yang ada di Indonesia dengan yang ada di Korea?

Ternyata porsi kepiting yang ada di Korea ini jauh lebih besar. Rasa dari kepiting saus ini sendiri terasa sedikit asam dan juga pahit dan terasalezat. Kepiting saus ini terkenal juga dengan sebutan Ganjang Gejang.

Tak hanya terkenal akan kelezatan rasanya, Gejang juga termasuk sebagai kuliner ekstrim.

Bagaimana tidak? Beberapa sajian makanan khas Korea Selatan ini biasanya menggunakan bayi kepiting yang masih mentah sebagai bahan utamanya. Tertarik untuk mencobanya?

11. Nakji Bokkeum

nakji bokkeum seoulNakji Bokkeum merupakan makanan yang terbuat dari gurita yang telah digoreng. Biasanya makanan ini disajikan dengan cara digoreng kering dan dicampur dengan tumis sayuran atau dijadikan sebagai topping mie korea.

Makanan ini memiliki cita rasa yang unik terutama dengan pasta cabe yang digunakan untuk membuatnya.

12. Gogigui

gogigui recipeGoigui merupakan barbeque ala Korea. Selain terdiri dari daging, makanan yang kaya gizi dan nutrisi ini juga dimakan bersama dengan sayuran. Gogigui biasanya disantap bersama teman-teman pada sore hari.

13. Haejangguk

haejangguk maangchiHaejangguk merupakan sup khas Korea yang memiliki cita rasa yang lezat dengan kuahnya yang terbuat dari tulang sapi yang direbus lama.

Kemudian isinya terdiri dari potongan daging sapi yang tebal, kecambah dan telur rebus yang ditambah dengan bumbu rempah khas negeri ginseng tersebut.

Biasanya makanan khas Korea Selatan ini disajikan setelah mengkonsumsi minuman beralkohol karena bisa menghilangkan rasa pusing akibat minuman tersebut.

14. Sannakji

sannakji korean foodJika di Jepang ada shashimi, maka di korea ada sannakji atau gurita hidup. Bisanya gurita yang disajikan ini dipotong-potong kecil, namun ada juga yang disajikan utuh dan yang pasti gurita itu masih hidup.

Sanakkji ini hanya ditaburi minyak dan biji wijen, kemudian dimakan secara hidup-hidup. Tentunya makanan ini cukup ekstrim untuk kamu yang belum pernah nyoba makanan satu ini.

15. Sundubu Jjigae

sundubu jjigae resepSundubu jigae adalah salah satu makanan khas Korea yang berkuah. Biasanya disajikan pada musim dingin atau saat hujan karena dapat menghangatkan tubuh.

Bahan utama dalam pembuatan makanan ini adalah tahu dengan tekstur yang lembut, udang, kubis, cumi-cumi dan suiran ikan goreng. Makanan ini kaya dengan gizi dan juga lezat disantap ketika masih hangat.

Nah, itulah 15 kuliner Korea selatan yang wajib untuk kamu coba. Jadi, dari semua makanan khas Korea Selatan di atas, mana yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya? Ataukah kamu pernah memakan salah satunya?

Post Comment