Kuliner Nusantara

11 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Bikin Ngiler

11 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Bikin Ngiler

Makanan khas Sulawesi Tengah dikenal dengan cita rasa yang asam dan pedas. Selain dapat menikmati keindahan panorama alam Sulawesi Tengah, wisatawan juga dapat menikmati sajian makanan yang menggugah selera.

Selain dapat memanjakan mata, Sulawesi Tengah juga bisa memanjakan lidah para pengunjung.

Rasa pedas dan asam yang terkenal pada makanan Sulawesi tengah mampu membangkitkan semangat liburan wisatawan saat berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Berikut ini adalah berbagai makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang bikin ngiler.

1. Kaledo

kaledo paluKaledo merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang wajib banget buat kamu coba, karena rasanya bisa buat kamu ngiler pengen makan!

Kaledo atau kaki lembu donggala adalah makanan yang sama seperti sop buntut, tapi disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi.

Kaledo diolah menggunakan berbagai rempah khas sehingga menyajikan makanan yang mampu menggugah selera makan pecinta kuliner. Buat kamu pecinta sop buntut wajib coba makanan khas ini karena rasanya bikin kamu nambah lagi.

2. Duo Sale

makanan duo saleBuat kamu pecinta sambal, makanan khas satu ini bisa kamu coba saat berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Duo Sale adalah makanan khas Palu yang dibuat dari ikan teri yang telah dikeringkan, kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, tomat, dan bawang merah.

Bagi kamu pecinta kuliner pedas manis, Duo Sale menarik untuk dicoba oleh para pengunjung Sulawesi Tengah.

3. Uta Kelo (Sayur Daun Kelor)

resep uta kelo khas paluKelor adalah sejenis sayuran yang hanya bisa ditemukan dibeberapa daerah yang ada di Indonesia. makanan berkuah ini dibuat dari daun kelor yang dimasak dengan santan, pisang kepok, dan potongan ikan.

Makanan khas Sulawesi Tengah ini menghadirkan cita rasa yang mampu menggugah selera para pecinta kuliner.

4. Palumara

palumara makassarMakanan khas satu ini bisa kamu coba karena dibuat dari makanan laut yaitu Palumara. Palumara sendiri adalah sejenis sup ikan laut yang dibuat dari ikan laut khas Sulawesi Tengah.

Dimasak menggunakan berbagai rempah rahasia yang mampu memikat hati dan menambah nafsu makan para pengunjung yang berwisata ke tempat wisata Sulawesi Tengah.

5. Lalampa

lalampa paluMakanan khas Sulawesi Tengah ini sekilas mirip lemper. Tapi yang membedakan ialah isiannya. Biasanya lemper yang biasa dimakan berisi daging ayam, sementara lalampa isiannya menggunakan ikan cakalang dan dimasak dengan cara dibakar.

Proses memasak dengan cara dibakar membuat aroma makanan ini mampu menggugah selera makan para pengunjung untuk mencoba makanan khas dari Sulawesi Tengah ini.

6. Labia Dange (Sagu Dange)

resep labia dangeMakanan khas satu ini terkenal akan bahan utamanya yang menggunakan sagu. Salah satu camilan yang menggunakan sagu adalah Labia Dange.

Camilan satu ini dimasak menggunakan wajan dan tungku dari tanah liat. Labia Dange biasanya disantap dengan olahan gula merah atau ikan, makanan ini memiliki cita rasa gurih dan lezat yang pastinya bikin ngiler.

7. Milu Siram

milu siram di manadoMakanan khas Sulawesi Tengah ini wajib kamu coba saat berkunjung ke daerah tersebut. Milu siram merupakan makanan yang berasal dari jagung muda dan biasanya disebut dengan binte biluhuta.

Bahan utama makanan ini adalah jagung yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti udang dan ikan. Milu siram memiliki beberapa varian rasa seperti manis, asin, pedas sehingga bisa disesuaikan dengan selera pengunjung.

8. Onyop

onyop sulawesi tengahBuat kamu pecinta makanan pedas dan asam wajib coba makanan satu ini yakni Onyop.

Makanan satu ini dibuat dari sagu yang diuleni, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Onyop memiliki tekstur kenyal dan disantap bersama kuah asam ikan.

Kuah onyop ini memberikan rasa pedas asam yang mampu membuat siapa saja melihatnya ngiler pengen nyoba.

Rasa asam sendiri berasal dari irisan lemon yang diperas pada kuah ikan yang kemudian disajikan dengan onyop yang berbahan dasar sagu.

Baca juga: 10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Menggugah Selera

9. Tinutuan

tinutuan manadoTinutuan atau bubur Manado merupakan salah satu makanan khas dari Sulawesi Tengah. Bubur Manado mirip dengan bubur pada umumnya. Hanya saja, tinutuan memiliki isian sayur yang melimpah sehingga bubui ini lebih sehat dikonsumsi.

Biasanya tinutuan disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Buat kamu yang tidak suka sayuran, tinutuan bisa menjadi alternative untuk membantu menambah asupan sayuran dalam tubuh kamu.

10. Kapurung

kapurung ikanMakanan khas Sulawesi Tengah ini terbuat dari sagu yakni Kapurung.

Sagu yang digunakan dimasak terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah kuning yang dibuat dari kaldu ikan, irisan manga, sayuran, dan udang yang membuat makanan khas ini begitu gurih dan menggoda.

11. Nasi Jagung

nasi jagung sulawesi tengahMakanan khas terakhir dari Sulawesi Tengah yang biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi putih adalah Nasi Jagung.

Nasi jagung dibuat dari biji jagung yang sudah tua, kemudian ditumbuk kasar hingga menjadi sebesar biji beras. Setelah itu, biji jagung dicampur dengan beras dan dikukus menggunakan kukusan dari bambu.

Itulah 11 makanan khas Sulawesi Tengah yang bikin ngiler dan wajib dicoba. Jika berkunjung ke Sulawesi Tengah, ada baiknya untuk menghindari makanan siap saji atau makanan instan. Karena terdapat banyak pilihan makanan khas yang sehat dan lezat di Sulawesi Tengah.

Post Comment