Kuliner Nusantara

10 Makanan Khas Sunda Yang Melegenda Hingga Kini

10 Makanan Khas Sunda Yang Melegenda Hingga Kini

Indonesia terkenal akan keragaman makanannya, contohnya saja Jawa Barat. Dikenal dengan Tanah Sunda ini memiliki banyak makanan khas Sunda yang hingga kini masih banyak ditemukan.

Maka tidak heran, jika Jawa barat sering menjadi destinasi wisata kuliner untuk banyak orang.

Apa saja makanan Sunda yang terkenal akan cita rasanya yang lezat dan melegenda ini? Berikut adalah beberapa makanan Sunda yang khas dan melegenda hingga saat ini:

1. Karedok

resep karedok sundaKaredok merupakan salah satu kuliner yang sekilas mirip dengan gado-gado.

Banyak orang mengira jika karedok ini berasal dari Jakarta, padahal karedok adalah makanan khas Sunda yang banyak ditemukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Karedok disajikan dengan berbagai sayuran dan disiram saus kacang tanah yang kepedasannya bisa menggugah selera.

Karedok ini disajikan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah sehingga sehat untuk disantap, khususnya untuk kamu yang ingin menjalankan program diet.

Karedok memiliki cita rasa unik karena perpaduan dari saus kacang dan kencur yang menjadi satu.

Sayuran yang digunakan itu cukup beragam, yakni tauge, timun, kubis, basil, kacang-kacangan, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

2. Lotek

lotek terdekatMakanan khas Sunda yang satu ini hampir mirip dengan gado-gado, yaitu lotek. Jika dilihat dari tampilan dan bahan pembuatannya, lotek lebih mirip dengan pecel khas Jawa.

Makanan ini berupa sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Di Tanah Sunda lotek sendiri menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat banyak khususnya masyarakat Jawa Barat.

Lotek sendiri terbuat dari sayur-sayuran yang tak jauh beda dengan gado-gado, seperti tauge, kembang kol, dan kangkung.

Tapi ada beberapa sayuran yang wajib ada dalam makanan ini seperti, kacang panjang, bayam, kapri, dan daun kacang kedelai.

3. Bakakak Hayam

bakakak hayam subangBakakak hayam merupakan makanan unggulan yang paling mudah ditemui di tanah Sunda.

Sebagai makanan khas Jawa Barat beberapa orang mungkin menganggap bahwa nama makanan ini unik dan lucu, terutama untuk mereka yang baru pertama kali mendengarnya.

Sebagian besar masyarakat Jawa Barat khususnya di daerah Pandeglang, bakakak hayam tergolong ke dalam makanan yang dipakai saat ada kegiatan pesta adat, seperti sunatan, pernikahan dan upacara adat lainnya.

Bakakak hayam sendiri adalah makanan berupa ayam utuh yang diberikan bumbu khusus bercita rasa Sunda, kemudian diolah dengan cara dipanggang.

4. Awug

awug bandungAwug merupakan satu dari sekian banyaknya makanan khas Sunda yang digemari masyarakat.

Awug terbuat dari tepung beras yang dicampur garam, air, gula merah, dan kelapa parut, serta dimasak dengan cara dikukus.

Dikukus menggunakan perabot dapur yang dianyam dari bambu bernama aseupan. Selain bentuknya serupa kerucut, juga telah menjadi tradisi turun-temurun. Makanan tradisional ini tergolong ke dalam camilan.

Pada zaman dulu, awug dimakan oleh masyarakat Jawa Barat sebagai teman santai saat menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Baca juga: 15 Makanan Khas Jakarta Terkenal Enak Dan Populer

5. Nasi Timbel

nasi timbel bandungNasi timbel merupakan kuliner khas Sunda yang memiliki cita rasa unik dan kuat, sangat identik dengan masakan orang Sunda.

Di tanah kelahirannya, nasi timbel memiliki banyak variasi sehingga kebanyakan orang bingung ingin mencoba nasi timbel dengan variasi yang mana.

Nasi timbel awalnya adalah bekal makanan yang biasanya dibawa untuk para petani makan di sawah.

Nasi timbel berupa nasi hangat yang baru matang dan dibungkus menggunakan daun pisang. Nasi panas akan membuat daun pisang menjadi sedikit matang.

Nah, tingkat kematangan akan menambah cita rasa pada nasi tersebut dan memberikan aroma yang menggugah selera.

6. Empal Gepuk Daging Sapi

resep empal gepuk daging sapiEmpal atau gepuk daging sapi merupakan makanan khas Sunda yang sangat terkenal khususnya Jawa Barat. Bahkan makanan ini menjadi salah satu menu makanan yang wajib tersaji di restoran-restoran Sunda.

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris kemudian dipukul-pukul alias digepuk hingga gepeng, dan dimasak bersama lumuran bumbu bercita rasa manis.

Setelah daging gepeng dan dibumbui, proses berikutnya adalah dengan mengungkep daging hingga bumbu meresap sampai ke tiap serat daging.

Daging yang telah diungkep biasanya memiliki tekstur yang empuk. Setelah daging tersebut empuk, empal kemudian digoreng hingga kering atau bisa langsung disantap tanpa harus digoreng lagi.

7. Mie Kocok

mie kocok bandungMakanan khas Sunda ini terbuat dari mie kuning yang disajikan bersama kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Kuliner satu ini banyak ditemukan di kawasan Bandung.

Umumnya mie kocok disajikan bersama tauge rebus, bakso, irisan kikil, taburan daun seledri, daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis. Untuk menambah kelezatannya, bisa juga ditambahkan babat.

8. Sate Maranggi

sate maranggi bandungSate maranggi merupakan sate yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi terbuat dari daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya.

Selain di kota asalnya, sate meranggi juga dijual banyak di daerah sekitarnya hingga mencapai kawasan Cianjur.

Hampir setiap sudut kota di Purwakarta terdapat warung atau penjual yang menjajakan sate maranggi dengan cara menetap di tempat atau berkeliling. Pembuatan sate maranggi sedikit berbeda dengan sate pada umumnya.

Sate maranggi dibuat dengan cara merendam daging ke dalam bumbu sebelum ditusuk dan dibakar. Karena daging telah dibumbui sebelumnya, sate maranggi tidak perlu disajikan bersama saus pendamping.

9. Empal Gentong

empal gentong bandungEmpal gentong termasuk ke dalam kuliner sederhana yang hingga saat ini masih dikenal oleh masyarakat luas. Empal gentol adalah salah satu masakan khas dari Cirebon, Jawa Barat.

Empal gentong merupakan sejenis gulai yang berisi potongan daging sapi yang telah dicincang dan diberi kuah santan. Biasanya empal gentol dimakan bersama nasi atau lontong yang disajikan dengan cabai bubuk.

Cita rasa yang ditimbulkan oleh daging sapi sangat spesial. Hal tersebut wajar ada karena saripati bumbu empal melekat di dalam gentong tersebut.

10. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom bandungMakanan Nasi Tutug oncom merupakan kuliner tradisional khas nusantara. Tutug oncom merupakan kuliner asli khas dari Jawa Barat.

Nasi tutug oncom sendiri merupakan perpaduan nasi hangat yang dicampur dan diaduk dengan oncom bakar, disajikan dengan sedikit bawang goreng, irisan telur dadar, sambal terasi, lalapan, serta ikan asin goreng.

Nah, itu dia 10 makanan khas Sunda yang melegenda dan wajib kamu coba saat berkunjung ke Jawa Barat. Makanan di atas adalah makanan yang paling terkenal dan sangat digemari oleh masyarakat bahkan orang luar pun sangat suka mengkonsumsi makanan yang telah dijelaskan tadi.

Post Comment