Kuliner Mancanegara

10 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Kamu Coba

10 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Kamu Coba

Thailand tak hanya menawarkan beragam destinasi wisata menarik terutama pemandangan alamnya yang indah, tapi juga ragam makanan khas thailand yang lezat dan menggugah selera.

Maka tak heran jika berkunjung ke Thailand, kebanyakan wisatawan tak ingin melewatkan kesempatan untuk berburu beragam kuliner khasnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas dari Thailand yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Negeri Gajah Putih.

1. Pad Thai

pad thai thailandBuat kamu penyuka mie, ada sajian makanan khas Thailand berupa mie yang wajib kamu coba yaitu Pad Thai. Bentuknya mirip dengan kwetiau, mie berukuran lebar yang terbuat dari beras.

Umumnya makanan ini disajikan bersama kuah, tauge, kucai, dan tahu kuning.

Selain itu sumber protein pada makanan ini adalah kepiting, udang, daging sapi atau daging ayam. Kuliner satu ini menjadi satu-satunya makanan khas dari Thailand yang mengandung kata Thai dalam nama makanannya.

2. Tom Yum

tom yam udangPasti kamu tidak asing dengan nama makanan ini. pasalnya, kuliner khas Thailand ini sangat terkenal di berbagai Negara.

Pasalnya, makanan khas dari Thailand ini sangat terkenal di berbagai Negara. Tom Yum merupakan masakan berkuah yang disajikan dengan berbagai bahan.

Seperti Tom Yum Pla yang berisi ikan, Tom Yum Po Taek yang berisi aneka seafood, dan Tom Yum Goong yang berisi udang.

Ada dua pilihan kuah yang disajikan, yakni bening dan bersantan. Untuk bumbunya sendiri adalah serai, lengkuas, jahe, bawang putih, daun jeruk, cabai, kecap asin dan lainnya.

3. Som Tum

som tum thaiSom tum merupakan salad khas Thailand yang dibuat dari buah pepaya muda dan beragam jenis sayuran. Kemudian olahan tersebut dibumbui dengan cabai, bawang putih, dan tomat.

Sehingga menghasilkan cita rasa manis, asam, pedas saat bertemu lidah. Umumnya Som Tum disantap sebagai pengganti makanan berat.

4. Khao Tom

khao tom thaiTak hanya Indonesia saja yang memiliki bubur ayam dengan kenikmatan spesial, Thailand pun juga demikian. Khao Tom, yaitu bubur yang dimasak bersama daging atau aneka hasil laut.

Makanan khas Thailand ini hampir sama dengan Tom Yum, sajian ini pun memiliki penamaan khusus di setiap campuran bahan yang dipakai.

Jika dicampur dengan ikan disebut Khao Tom Pla, bila dimasak dengan udang segar dinamakan Khao Tom Goong, dan bila menggunakan daging babi diberi nama Khao Tom Moo.

Bubur ini sangat pas disantap saat cuaca dingin dan sedang merasa tidak enak badan, sebab pembuatannya menggunakan bumbu rempah yang mampu menghangatkan tubuh.

5. Tod Man Pla

resep tod man plaDi Thailand kamu dapat menemukan berbagai makanan yang dijajakan di pinggir jalan, salah satunya Tod Man Pla.

Makanan khas Thailand ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan perkedel, tapi yang berbeda adalah bahan yang digunakan yaitu ikan atau daging ayam.

Umumnya para Street Vendor akan memilih ikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan Tod Man Pla. Ikan yang digunakan pun tidak sembarangan, harus memiliki daging berwarna putih.

Kemudian ikan tersebut diberi bumbu kari merah khas Thailand. Jadi bisa dibayangkan bagaimana warna dan rasanya.

6. Khanom Chin Nam Ya

khanom chin nam ya recipeKarena nama makanan ini terlalu panjang, masyarakat Thailand biasa menyebutnya dengan nama Khanom saja.

Meski tidak terlalu terkenal seperti makanan sebelumnya, tapi makanan ini selalu menjadi incaran para pecinta kuliner di negeri asalnya.

Khanom Chin Nam Ya merupakan mie putih yang disiram kuah kari ikan dengan cita rasa pedas. Jika ingin mencoba makanan khas satu ini, kamu bisa berburu makanan ini di pusat kota Bangkok.

7. Gai Yang

gai yang chicken recipeGai Yang adalah makanan Thailand yang enak disantap beramai-ramai. Sebab, makanan khas satu berupa ayam bakar utuh bukan bagian paha atau dada seperti biasa yang dipesan di rumah makan pada umumnya.

Dalam proses pembuatan makanan ini adalah dengan membalurkan bumbu pada ayam sebelum dibakar agar meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Setelah dibakar, barulah daging tersebut dipotong kasar agar mudah untuk disantap dan dihidangkan di atas piring saji berukuran besar.

8. Guay Teow Rhua

resep guay teow rhuaGuay Teow Rhua merupakan hidangan makanan yang memiliki tampilan seperti bakso. Olahan mie dengan kuah pekat ini disajikan bersama potongan daging ayam, sapi dan babi.

Tapi porsi makanan khas Thailand ini terbilang sedikit, sehingga jika ingin makan sampai kenyang kamu harus memesan dua mangkuk Guay Teow Rhu.

Baca juga: 9 Makanan khas Kazakhstan Yang Wajib Kamu Coba

9. Khao Soi

khao soi thailandSebenarnya hidangan makanan satu ini bukan berasal dari Thailand, melainkan Myanmar. Tapi setelah tiba di Negeri Pantai Phuket, Khao Soi dimodifikasi agar pas dengan lidah masyarakatnya.

Makanan satu ini sangat terkenal di Thailand dan wajib dicoba saat berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini.

Makanan khas Thailand ini berupa mie kuning yang diguyur dengan kuah santan yang begitu gurih dan menggoyang lidah.

Sedangkan mie kuningnya sendiri dibuat dari campuran mie basah dan mie kering. Agar menambah cita rasa, Khao Soi disajikan bersama daging ayam atau sapi, cabai, acar timun, jeruk nipis, dan irisan bawang merah.

10. Kaeng Phet

kaeng phet curryKaeng Phet merupakan kari merah yang memiliki cita rasa pedas. Kuliner khas Thailand ini sangat digemari oleh masyarakat lokal maupun turis mancanegara.

Bahan utama dalam pembuatan makanan ini adalah daging sapi, ayam, atau babi yang dimasak dengan santan dan bumbu kari dari campuran bawang putih, bawang merah, cabai merah, ketumbar, lada, terasi dan masih banyak lagi.

Setelah semua bumbu halus, kemudian dimasukan ke dalam kuah dan disajikan bersama isian seperti rebung, labu, terong, sosis, dan blewah.

Itulah daftar makanan khas Thailand yang wajib kamu coba. Penduduk Thailand biasa menyantap makanan-makanan tersebut dengan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Tapi ada juga yang menyantapnya langsung dengan tangan agar mempertahankan elemen-elemen tradisional yang tak boleh dilupakan begitu saja meskipun digempur oleh pesatnya perkembangan zaman.

Post Comment