Oleh-Oleh

10 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Terkenal Dikalangan Wisatawan

10 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Terkenal Dikalangan Wisatawan

Oleh-oleh khas Bali selalu menjadi buruan yang wajib dibeli oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Oleh-oleh berupa makanan hingga souvenir khas bali ada semua.

Nah, bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh khas Pulau Bali, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh yang harus kamu beli diantaranya:

1. Pie Susu

resep pia susu baliPie susu menjadi oleh-oleh andalan dari Pulau Bali. Memiliki bentuk bulat ceper dengan pinggiran keras garing dan fla susu di tengahnya yang legit dan creamy, membuat pie susu ini memiliki perpaduan rasa yang istimewa.

Umumnya yang paling terkenal adalah pie susu original, meski begitu di Bali terdapat pie susu yang beragam rasanya. Pie susu memiliki berbagai macam topping seperti almond, keju, kismis, dan choco chips.

Terdapat banyak produsen pie susu di Bali. Kamu dapat mudah menemukan pie susu dengan berbagai merk, tapi yang pasti semuanya sama enaknya. Pie susu dapat kamu beli di banyak pusat oleh-oleh khas Bali.

2. Kacang Disco

kacang disco baliJangan pulang dulu sebelum membeli kacang disco sebagai oleh-oleh khas dari Bali. Kacang disco merupakan kacang tanah yang telah digoreng kering setelah sebelumnya dibalut dengan adonan tepung dan bumbu.

Kacang disco memiliki tekstur renyah dan garing saat dimakan. Selain itu, kacang disco tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari manis, barbeque, pedas-manis hingga udang.

Sama seperti pie susu, banyak sekali merk dagang kacang disco ini di Bali. Karena itu, kamu tidak akan kesulitan saat mencari oleh-oleh yang satu ini karena ada di pusat oleh-oleh Bali.

3. Pia Legong

pia legong baliMemiliki ciri khas penari legong pada kemasannya. Pia legong menjadi oleh-oleh khas Bali yang paling banyak diburu wisatawan.

Pia legong dibuat tanpa menggunakan mesin dan dibuat hanya dalam jumlah terbatas agar kualitas rasa pia legong ini terjaga.

Pia legong memiliki tiga varian rasa yakni coklat, keju, dan kacang hijau. Untuk membelinya, kamu bisa datang langsung ke tokonya di Jl. By Pass Ngurah Rai.

Karena produksinya yang terbatas, kamu sebaiknya melakukan pemesanan melalui telpon terlebih dahulu.

4. Kerupuk Kulit Babi

cara membuat kerupuk kulit babiPulau Bali dapat menjadi tempat wisata kuliner yang tepat bagi kamu penggemar kuliner berbahan dasar daging babi, misalnya saja kerupuk kulit babi.

Umumnya kerupuk kulit babi tersedia dalam dua pilihan, kulit dengan lemak babi dan murni kulit babi kering.

Menurut pembeli yang sudah mencoba, kerupuk pertama lebih nikmat karena adanya lemak yang membuat rasa kerupuk menjadi lebih gurih. Salah satu kerupuk kulit babi yang terkenal adalah Kerupuk Babi Sam Cam Rejeki.

Kerupuk kulit babi dapat dengan mudah kamu temukan di pusat oleh-oleh khas Bali atau kamu bisa langsung datang ke tokonya di Jl. Pulau Batam No.7, Tabanan.

5. Kopi Kintamani

kopi kintamani arabicaPunya teman maniac kopi? Tak ada salahnya membawakan kopi kintamani sebagai oleh-oleh untuknya. Kopi kintamani termasuk ke dalam salah satu biji kopi terbaik di Indonesia.

Bersama kopi Flores dan kopi Gayo, kopi Kintamani mendapatkan sertifikat Geographical Indication yang artinya kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional.

Kopi kintamani memiliki rasa unik yang tidak bisa kamu temukan pada kopi lain.

Dengan sistem perkebunan tumpang sari, pohon kopi berada di lahan berundak bersamaan dengan tanaman lain seperti kakao, sayuran, dan jeruk.

Kopi ini bisa kamu temukan di banyak pusat oleh-oleh khas dari Bali. Tapi jika ingin membeli dan melihat langsung proses pengolahan kopi secara tradisional, kamu bisa datang ke kawasan Kintamani, Bali.

6. Bakpia

bakpia bali terkenalTak cuma Jogja saja lho yang punya makanan ini. Bali pun memiliki bakpia yang tidak kalah enak.

Dari bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan Bakpia Bali dengan bakpia lainnya. Paling nggak, kudapan ini sama-sama terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang lalu dibungkus dengan tepung.

Pematangannya dilakukan dengan cara dipanggang. Tapi variasi rasa bakpia juga semakin banyak. Ada rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah, dan beberapa lainnya.

Baca juga: 9 Makanan Khas Bali Yang Terkenal Sangat Enak

7. Kacang Asin

kacang asin baliNah kalo kamu pernah makan seafood di tepi pantai Jimbaran, pasti kamu pernah deh nyobain kacang asin yang biasa disuguhkan sebagai ‘cemilan penunggu’ sebelum makanan-mu disajikan.

Kacang renyah ini polos, tidak diberi balutan tepung atau bahkan perasa tambahan seperti kacang disko.

Tapi gurihnya kacang asin cocok dinobatkan sebagai teman saat menonton film, mengobrol, atau sekedar bengong-bengong santai.

8. Kerupuk Ceker Ayam Bali

keripik ceker ayam baliDuh, keripik yang satu ini enak sekali. Krenyes saat digigit, gurih dan asin di lidah…. pokoknya cocok banget, lah. Walau rasanya yang enak tapi camilan satu ini cenderung kurang populer dikalangan wisatawan.

Eitss tunggu dulu, hanya karena kurang populer bukan berarti kamu bisa melewatkan camilan satu ini. Karena siapa tahu saja orang rumah menyukai panganan bercita rasa asin gurih ini.

9. Kacang Koro Bali

kacang koro bali yang enakKacang koro bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas bali.

Kacang ini sendiri merupakan salah satu jenis kacang yang cukup banyak digemari dan dikonsumsi masyarakat sebagai cemilan sebagai kacang goreng ataupun kacang taburan.

Kacang poro tak kalah dengan kacang tanah meski tidak mampu melebihinya. Meski begitu, kacang ini sudah dikenal lama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Kacang koro ini memiliki bentuk pipih dan berwarna kuning keemasan. Memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa gurih membuatnya digemari oleh masyarakat.

Seperti kacang disco, kacang ini pun memiliki berbagai macam varian rasa meliputi original, extra pedas, barbeque, hingga rasa rumput laut.

Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini, kamu juga tidak perlu khawatir karena hampir setiap pusat toko oleh-oleh menyiapkan jajanan ini sebagai oleh-oleh.

10. Bagiak Bali

bagiak khas baliCamilan renyah satu ini memang memiliki rasa yang gurih karena terbuat dari tepung sagu yang dipanggang sehingga sangat cocok untuk menjadi teman minum teh ataupun kopi.

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini adalah oleh-oleh camilan yang cukup populer.

Bagiak memiliki tekstur yang cukup renyah dan manis yang tidak terlalu kuat. Bagiak Bali biasanya disajikan saat sore hari dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

Bagiak memiliki rasa yang mirip dengan bagea khas Sulawesi, namun yang berbeda adalah cara pembuatannya yang mana Sulawesi pembuatannya di bakar dan dibungkus menggunakan daun. Selain itu, bagea juga menggunakan berbagai rempah seperti kayu manis dan cengkih.

Sementara pada bahan pembuatan bagiak adalah  sagu, mentega, gula, dan minyak nabati.

Oleh-oleh yang satu ini memang cukup mudah ditemui. Jika kamu datang ke toko-toko yang menyajikan makanan khas Bali, pasti kamu akan mudah menjumpai oleh-oleh ini.

Nah, itu dia beberapa oleh-oleh khas Bali yang patut kamu bawa sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah, tetangga, atau sanak saudara. Kamu dapat membawa oleh-oleh khas dari Bali tersebut berupa makanan ataupun lainnya. Oleh-oleh khas Pulau Bali memiliki kualitas yang bagus dan akan membuat kamu selalu rindu ingin ke Bali lagi.

Post Comment