Oleh-Oleh

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Banyak Diburu Pelancong

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Banyak Diburu Pelancong

Bukan Bandung namanya jika tidak jago dalam membuat oleh-oleh khas Bandung untuk pelancong yang sedang berlibur. Kota Bandung sudah bukan dunia baru lagi bagi para pelancong untuk dijadikan sebagai sasaran wisata.

Sebagai ibu kota provinsi jawa barat, masyarakat Bandung selalu pandai dalam mengolah berbagai jenis makanan maupun kerajinan tangan seperti souvernir, camilan, pakaian, pernak-pernik khas Bandung, dan sebagainya.

Maka tidak heran, jika Bandung disebut sebagai kota wisata dengan jejeran toko dan pusat oleh-oleh. Bandung sendiri terkenal dengan kulinernya yang khas.

Jika berkeunjung ke Bandung, kamu diwajibkan untuk mencicipi makanan khas daerah. Bahkan saat ini makanan seperti seblak, batagor, cimol, cilok, dan lainnya begitu laris dan sudah tersebar di daerah lain di luar kota Bandung.

Dengan begitu, terbukti sudah bahwa makanan atau kuliner khas Bandung ini dapat diterima di berbagai kota di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Bandung, diantaranya:

1. Peuyeum

peuyeum bandungPeyeum atau tape merupakan salah satu panganan yang menggoyang lidah khas dari Bandung.

Berbeda dengan tape pada umumnya yang agak encer dan berair, peuyeum terbuat dari singkong yang telah dibersihkan terlebih dahulu dari kulitnya kemudian dikukus dan diberi ragi lalu ditempatkan ditempat tertutup.

Proses peragian disebut juga dengan fermentasi. Hal ini dilakukan agar singkong tumbuh dengan jamur baik dan menjadikan singkong enak dimakan.

Di Bandung sendiri telah banyak olahan peuyeum yang ditempatkan di langit-langit toko mereka dengan cara digantung untuk menarik konsumen.

Meskipun tape selalu ada di berbagai daerah, tapi saat mendengar kata peuyeum pasti yang terlintas dalam pikiran adalah Bandung.

Maka tak heran, di Bandung banyak sekali penjualnya apalagi nama peuyeum didapat dari bahasa sunda. Masyarakat dahulu membuat peuyeum bertujuan untuk memanfaatkan singkong yang sangat melimpah.

Masyarakat meyakini bahwa tape dapat menghangatkan tubuh, sehingga cocok disantap saat musim hujan. Selain dibuat dari singkong, ada juga penyeum yang dibuat dari beras ketan yang di fermentasi seperti kebanyakan yang ditemui.

Di pusat oleh-oleh khas Bandung, kamu bisa menemukan banyak penjual peuyeum. Biasanya peuyeum dijual dengan cara digantung menggunakan tali dalam jumlah yang banyak.

2. Bolu Gulung

bolu bandung terkenalSalah satu toko paling terkenal di kota Bandung adalah toko bolu bawean yang banyak menyajikan oleh-oleh berupa makanan bagi para pelancong dalam negeri maupun luar negeri.

Dari sekian banyak produk yang di jual, bolu gulung merupakan makanan yang paling laris di toko ini.

Setiap gigitan dari bolu gulung ini akan memberikan rasa manis saat menyentuh lidah dengan teksturnya yang lembut seakan tak pernah berhenti untuk memakannya.

Salah satu jenis bolu gulung yang paling di gemari adalah african roll dengan cita rasa coklat yang sangat kuat saat di mulut.

Warnanya pun didominasi dengan warna coklat dengan tampilan yang ciamik, apalagi ada tambahan topping messes warna-warni agar lebih menarik.

3. Brownies Kukus Amanda

brownies kukus amanda bandungSebagai salah satu jenis kue dengan cita rasa coklat yang manis dengan tekstur yang lembut membuat brownies ini semakin digemari banyak orang.

Meski awalnya hanya ada rasa coklat saja, namun semakin kesini semakin banyak inovasi yang diciptakan sehingga terbentuklah brownies dengan banyak rasa.

Salah satunya adalah brownies kukus amanda yang menjual olahannya di Jl. Rancabolang no. 29, margahayu raya. Saking terkenalnya, banyak kios pinggir jalan dan toko oleh-oleh menjajakan brownies ini di lapak mereka.

Beberapa varian yang telah dibuat adalah cheese cream yaitu brownies yang telah ditambah dengan krim keju yang gurih di mulut.

Baca juga: 9 Kuliner Khas Pacitan Yang Terkenal Enak Dan Wajib Dicoba

4. Roti Bumbu Bakar

roti bumbu bakar bandungRoti bakar telah menjamur di setiap penjuru di Indonesia, begitu pun di kota Bandung bahkan ada memiliki variannya sendiri.

Tapi ada salah satu varian roti bakar terbaru, yaitu roti bumbu bakar yang bisa kamu temui di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 149, Pasar Kosambi.

Lalu, apa yang membedakan dari roti kebanyakan? Jawabannya adalah penggunaan jenis roti dan bumbunya.

Roti bakar ini memiliki tekstur yang lembut di mulut yang dipadu dengan bumbu berupa meses, mentega, dan selai sesuai dengan selera karena di sana kamu dapat memilih jenis selainya.

Kedai dengan nama roti bumbu bakar cari rasa menawarkan roti dengan banyak varian rasa karena terdapat selai dengan rasa kacang, coklat, strawberi, dan selai lainnya.

Bahkan ada rasa keju dan kornet yang notabenenya jarang ditemukan di daerah lain. Untuk harganya sendiri terbilang murah, yaitu mulai dari Rp. 3.500 hingga Rp. 10.000 dalam satu wadah.

5. Kue Kartika Sari

kue kartika sari bandungKartika sari merupakan salah satu satu toko oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dengan jenis kuenya untuk dijadikan sebagai buah tangan seperti brownies kukus dan bakar, stick dan cheese roll, peuyeum bollen, dan sebagainya.

Selain olahan kreatif dari makanan moderen di atas, mereka pun tak lupa dengan jajanan tradisional sehingga disediakan pula macam makanan seperti kroket, lemper ayam, risoles, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa datang ke Jl. H. Akbar No. 4 agar dapat memperoleh kue-kue dengan merk Kartika Sari tersebut.

Nah, itu dia daftar oleh-oleh khas Bandung yang perlu kamu ketahui saat melancong ke Bandung. Kamu bisa membelikan aneka macam buah tangan untuk kerabat, saudara, kolega, atau bahkan tetangga dekat rumah.

Dengan membelikan oleh-oleh pada mereka, kamu secara tidak langsung telah menceritakan bagaimana keindahan kota Bandung pada mereka.

Post Comment