Oleh-Oleh

10 Oleh-Oleh Khas Jambi Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

10 Oleh-Oleh Khas Jambi Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Selain memiliki tempat wisata seperti Danau Sipin dan Candi Muaro, ternyata Jambi juga memiliki berbagai macam oleh-oleh khas Jambi yang bisa dibawa pulang untuk kerabat dan keluarga di rumah.

Nah, jika kebanyakan orang bilang bahwa oleh-oleh khas dari Jambi banyak memiliki kemiripan dengan oleh-oleh dari kota tetangga seperti Bengkulu, Pekanbaru, Lampung dan Palembang.

Sesungguhnya Jambi tetap memiliki keunikannya sendiri yang masih dapat dibedakan!

Mau tahu apa saja oleh-oleh khas dari Jambi yang bisa kamu jumpai saat berada di Jambi? Yuk, simak sampai habis rekomendasi oleh-oleh Jambi di bawah ini, ya!

1. Dodol Nanas

dodol nanas khas jambiMenjadi komoditas utama, nanas menjadi bahan dasar yang paling sering diolah masyarakat Jambi untuk dijadikan oleh-oleh.

Inisiatif mereka untuk mengubah nanas menjadi berbagai macam camilan tampaknya bukan hanya menguntungkan dari sisi pendapatan, namun juga dari segi pengenalan lebih terhadap kota Jambi sendiri.

Salah satu oleh-oleh khas dari Jambi yang cukup terkenal adalah dodol nanas.

Walaupun dibuat tanpa bahan pengawet, dodol nanas tetap dapat bertahan lama sehingga para wisatawan tidak merasa khawatir untuk memilih dodol nanas sebagai oleh-oleh dari Jambi.

Rasa enak dan legit yang khas dari dodol nanas ini bisa banyak kamu jumpai di wilayah Muaro Jambi.

2. Gandus Khas Jambi

kue gandus khas jambiKue gadus merupakan salah satu kue yang cukup populer di Jambi. Kue gandus terbuat dari campuran tepung beras, sagu, santan dan garam.

Untuk bagian pelengkap, adonan kue gandus tersebut diberikan bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Awalnya pasti kamu berpikir bahwa gandus adalah sejenis kue yang rasanya manis kan? Nyatanya kue gandus memiliki rasa gurih dan sedikit pedas, sehingga sangat cocok jika diberi topping bawang goreng, ebi, daun seledri dan irisan cabai.

Karena itu kue gandus sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Jambi yang bisa kamu pilih.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Jambi Yang Terkenal Enak Dan Lezat

3. Duku Kumpeh

duku kumpeh jambiRasanya membosankan jika oleh-oleh terus melulu terbuat dari bahan olahan. Jika kamu mengunjungi Jambi, kamu wajib menjadikan Duku Kumpeh sebagai oleh-oleh.

Meskipun terdengar tidak biasa, buah juga bisa jadi pilihan tepat untuk dijadikan oleh-oleh karena Duku Kumpeh berbeda dengan duku yang ada di daerah lain di Indonesia.

Nama Kumpeh berasal dari Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi dan Duku Kumpeh banyak tumbuh dan berbuah di daerah ini.

Pembeda buah Duku Kumpeh dengan duku lainnya adalah rasanya yang manis, berukuran besar dan tidak berbiji sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jambi.

4. Bolu Kojo Jambi

jual bolu kojo jambiMeskipun memiliki kesamaan nama dengan Bolu Kojo dari Palembang, Bolu Kojo asal Jambi sesungguhnya berbeda dengan Bolu Kojo khas Palembang.

Jika di Palembang Bolu Kojo disajikan dengan lapisan, kue berwarna hijau ini di Jambi dihidangkan tanpa lapisan atau polos saja.

Pada awalnya, Bolu Kojo sering disebut sebagai bolu kamboja karena dicetak di dalam loyang berbentuk bunga kamboja.

Tekstur yang lembut dan rasa yang manis disertai dengan aroma pandan menjadikan Bolu Kojo sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Jambi favorit wisatawan.

5. Lempok Durian Jambi

lempok durian khas jambiLempok Durian bisa saja ditemukan di banyak kota di Indonesia, namun lempok atau yang biasa juga disebut dodol durian khas Jambi tetap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang wisatawan.

Selain nanas, Jambi juga terkenal dengan duriannya dan sekarang banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi camilan khas kota ini.

Rasa manis dan legit dengan sentuhan durian menjadikan Lempok Durian sebagai camilan khas Jambi yang disukai banyak kalangan.

6. Tempoyak Jambi

tempoyak jambi oleh-olehSelain dijadikan lempok, durian juga bisa diolah untuk menghasilkan perpaduan rasa pedas dan asam. Jambi punya makanan khas bernama tempoyak yang berbahan dasar durian asli lalu disantap dengan ikan patin, ikan mas atau ikan mujair.

Tempoyak Jambi harus terlebih dahulu melewati proses fermentasi selama 3-5 hari dengan temperatur ruangan bersuhu 20-25 derajat celcius.

Pemisahan daging durian dengan bijinya menjadi langkah awal untuk membuat tempoyak, lalu daging durian tersebut dicampur dengan cabe rawit dan garam, kemudian baru dilakukan proses fermentasi.

Cukup menarik, bukan? Tempoyak Jambi tentu saja akan menjadi santapan legit bagi banyak orang sehingga juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jambi.

7. Pempek Jambi

resep pempek jambiSiapa bilang pempek hanya populer di Palembang? Jambi juga terkenal dengan pempeknya. Jika kamu mungkin menganggap bahwa pempek khas Palembang sama dengan pempek khas Jambi, kamu salah besar.

Pempek khas Jambi memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan pempek asal Palembang.

Meskipun dalam hal bentuk tergolong mirip, olahan dan cara penyajian pempek khas Jambi sangat berbeda dengan pempek khas Palembang.

Perbedaan yang sangat terlihat adalah di cuka pempek itu sendiri. Di Jambi, cuka pempek tidak akan merusak gigi sedangkan cuka pempek khas Palembang dikenal bisa merusak gigi.

Dari segi penyajian, biasanya pempek di Jambi hanya dihidangkan di acara-acara besar. Namun, sekarang banyak wisatawan yang memilih pempek untuk dijadikan oleh-oleh khas Jambi.

8. Kopi Bubuk Cap AAA

kopi bubuk cap AAA jambiBagi pecinta kopi yang sedang atau akan mengunjungi Jambi, Kopi AAA merupakan oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang karena Kopi AAA tidak akan mungkin kamu temui di tempat lain selain Jambi.

Kopi berukuran bungkus rokok ini pada awalnya merupakan merek dagang sebuah perusahaan kopi, namun lambat laun Kopi AAA menjadi khas dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jambi.

Kopi AAA biasanya dijual bersamaan dengan pempek sehingga menjadi oleh-oleh yang cukup mudah dijumpai di Jambi.

9. Dodol Kentang

dodol kentang jambiOleh-oleh satu ini merupakan jenis makanan olahan unik yang hanya bisa kamu temukan di Jambi. Ya, dia adalah dodol kentang. Mengapa kentang? Kentang merupakan hasil pertanian utama di kawasan kaki gunung Kerinci, Jambi.

Masyarakat sekitar Kerinci memanfaatkan hasil kentang yang berlimpah ini sebagai modal dasar untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu dodol kentang.

Cara pengolahan dodol kentang mirip dengan mengolah dodol lainnya, namun yang membedakan adalah dodol kentang memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak begitu kenyal seperti dodol lain.

10. Otak-otak

otak-otak khas jambiKamu tentu sudah tak asing dengan hidangan otak-otak, bukan? Di Jambi, kamu juga akan menemukan otak-otak yang tak kalah lezat.

Uniknya, otak-otak terbuat dari ikan hasil tangkapan di Sungai Batanghari, sungai terpenting di Jambi. Itulah yang membuat otak-otak Jambi berbeda dengan otak-otak lainnya.

Tak hanya itu, cara menyantap otak-otak Jambi juga berbeda dengan lainnya.

Jika umumnya otak-otak disantap dengan kecap atau cuka, di Jambi kamu akan menikmatinya dengan saus cabai. Rasanya sudah pasti bikin kamu ingin tambah porsi!

Nah, itu dia daftar oleh-oleh khas jambi yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dibawa pulang. Selain beragam, oleh-oleh khas tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau. Dengan begitu, kamu dapat membaginya dengan kerabat atau keluarga untuk mencicipi kelezatannya. Jadi, mana oleh-oleh yang akan kamu pilih untuk dibawa pulang?

Post Comment