Oleh-Oleh

7 Oleh-Oleh Khas Kupang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

7 Oleh-Oleh Khas Kupang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Mencari oleh-oleh khas Kupang setelah puas berwisata merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan.

Kupang sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota kupang dikelilingi garis pantai yang sangat mempesona yang dapat mengundang banyak turis untuk datang ke sana.

Sejumlah tempat wisata yang ada di Kupang selalu ramai oleh turis tiap tahunnya. Sebut saja pantai Pasir Panjang, pantai Lasiana, dan sebagainya.

Jika kamu mencari tempat wisata pantai yang eksotis, Kupang bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Berbicara tentang oleh-oleh khas Kupang, ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu pilih. Baik itu oleh-oleh berupa makanan hingga pernak-pernik ada di sini.

Jika kamu bingung oleh-oleh mana yang akan kamu beli saat berlibur ke Kupang, kamu tak perlu khawatir.

Berikut ini adalah beberapa jenis oleh-oleh khas dari Kupang, diantaranya:

1. Emping Jagung

emping jagung mentahPulau Kupang merupakan kawasan yang cukup banyak ditanami dengan pohon jagung.

Maka tak heran jika kamu dapat menemukan berbagai varian oleh-oleh berbahan dasar jagung, yang mana salah satunya adalah Emping Jagung.

Sebenarnya camilan yang satu ini dapat kamu temukan di tempat lain, hanya saja emping jagung khas Kupang ini telah terbukti memiliki rasa yang paling enak dibanding dengan emping jagung di daerah lain.

Wajar saja jika di Kupang masyarakatnya sudah sangat familiar dengan olahan jagung yang satu ini, sehingga rasanya pun dijamin enak.

2. Kerupuk Paru

keripik paru tanpa tepungPulau Kupang terkenal juga sebagai pulau peternak sapi. Maka tidak heran jika banyak olahan makanan yang terbuat dari daging sapi, misalnya saja kerupuk paru ini.

kerupuk paru dapat kamu temui dengan mudah di Kupang dengan berbagai varian yang pastinya enak dan gurih.

Untuk kamu yang sedang berlibur ke Kupang, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kerupuk yang satu ini. Terlebih jika kamu adalah orang yang gemar mengkonsumsi kerupuk disetiap kesempatan.

Tentu kerupuk paru bisa menjadi salah satu jenis oleh-oleh khas Kupang yang wajib kamu coba.

3. Dendeng Sapi

resep dendeng sapi ketumbarSelain dijadikan kerupuk paru, daging sapi pun banyak diolah menjadi olahan makanan lain seperti dendeng sapi. Namun jangan salah, dendeng sapi khas Kupang memiliki rasa dan kualitas nomer 1 se-Indonesia.

Untuk harga dendeng sapi khas Kupang ini tidak terlalu menguras kantong, hanya Rp 180.000 perkilonya. Selain itu, dendeng sapi ini juga tahan lama dan cocok bila dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 12 Kuliner Khas Lampung Yang Terkenal Enak Dan Lezat

4. Abon Sapi

jual abon sapiLagi-lagi masih berhubungan dengan sapi. Hewan yang satu ini memang sudah menjadi ikon kota Kupang. Mulai dari kulit, daging, hingga jeroan pun dapat dimanfaatkan.

Salah satunya adalah abon sapi khas Kupang yang memiliki tekstur dan rasa terbaik se-Indonesia.

Abon sapi sangat cocok untuk kamu konsumsi dengan berbagai menu makanan lain, seperti bubur, nasi panas, bahkan nasi kuning.

Selain itu, kamu juga bisa membeli abon sapi khas Kupang sebagai teman perjalanan kamu pulang ke daerah asal.

5. Daging Se’i

daging se'i kupangKupang mempunyai satu jenis oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni daging Se’i. Se’i diambil dari bahasa pulau Rote yang berarti irisan daging tipis memanjang.

Makanan ini sebetulnya daging asap. Bahan dasar utama makanan ini adalah daging babi. Tapi banyak juga Se’I yang dibuat dari daging sapi.

Se’i memiliki cita rasa yang khas sehingga berbeda dengan daging asap pada umumnya. Dalam proses pembuatannya pun bumbu yang digunakan adalah daun kosambi atau kesambi.

Bumbu inilah yang membuatnya berbeda dengan daging asap lainnya. Untuk menemukan olahan dari daging ini, tak sulit bahkan mudah untuk dijumpai.

Karena telah banyak tempat makan yang bisa kamu kunjungi untuk bisa menikmati lezatnya irisan daging Se’i. Jika ingin membawa olahan daging ini sebagai oleh-oleh, kamu dapat membelinya di pusat oleh-oleh khas Kupang.

6. Jawada

jawada atau kue rambutJawada atau kue rambut merupakan makanan ringan yang biasanya disajikan saat ada upacara adat setempat.

Kue khas Kupang ini memang mempunyai bentuk seperti gulungan rambut yang telah disusun rapi membentuk segitiga. Bahan dalam pembuatan kue ini adalah santan, tepung beras, gula aren, dan air nira.

Dalam proses memasaknya pun digoreng secara deep frying menggunakan minyak panas.

Saat digigit, tekstur dari kue juwada ini seperti mengunyah bihun goreng yang kering dan terasa sangat manis. Oleh-oleh khas Kupang ini termasuk awet untuk masa ketahanannya.

7. Kacang Sembunyi

kacang sembunyi pedas manisBegitu mendengar namanya mungkin kalian akan sedikit tersenyum. Dinamakan seperti itu karena kacangnya tersembunyi dibalik kulit tepung. Kacang sembunyi adalah salah satu oleh-oleh yang kerap diburu oleh para wisatawan.

Memiliki tekstur yang renyah membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Sesuai namanya, bahan utama dalam pembuatan kacang sembunyi ini adalah kacang tanah.

Kemudian kacang tersebut dibalut dengan tepung yang menjadikan tektur kacang menjadi renyah.

Selain itu, rasanya yang manis pedas menambah nilai tersendiri pada kacang sembunyi ini. daya tahan kacang sembunyi ini terbilang cukup lama. Asal dikemas dengan toples yang kedap udara.

Untuk kamu yang tertarik dengan kacang sembunyi, kalian sudah dapat membelinya di toko oleh-oleh khas dari Kupang.

Nah, itu dia beberapa oleh-oleh khas Kupang yang sayang jika dilewatkan. Bagi kamu yang berkunjung ke Kupang jangan sampai tidak membelikan oleh-oleh untuk keluarga atau saudara di rumah. Semoga bermanfaat dan membantu kamu ke depannya!

Post Comment