Oleh-Oleh

12 Oleh-Oleh Khas Manado Yang Terkenal Paling Enak

12 Oleh-Oleh Khas Manado Yang Terkenal Paling Enak

Kota Manado belakangan ini tengah naik daun popularitasnya sebagai tujuan wisata. Maka berkunjung ke Manado, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Manado.

Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Manado tak perlu khawatir dalam memilih. Berikut ini adalah daftar oleh-oleh favorit dari Manado.

Yuk, temukan oleh-oleh khas dari Manado paling pas untuk kerabatmu!

1. Klappertaart

Klappertaart manadoOleh-oleh khas dari Manado yang paling terkenal adalah Klappertaart. Kue ini sebetulnya merupakan kue asli Belanda, namun varian Manado ini tentunya lekat dengan sentuhan budaya lokal.

Terbuat dari Air Kelapa, gula, susu, dan tepung, Klappertaart masih jadi favorit sebagai oleh-oleh dari Manado bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota yang berada di Teluk Manado ini.

2. Pala Manis

pala manis khas manado

Oleh-oleh khas Manado selanjutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah Pala Manis.

Jajanan satu ini sudah terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia, namun dunia. Makanan ini terbuat dari buah pala yang telah dilumuri dengan gula cair sebagai pemanis.

3. Kacang Goyang

kacang goyang khas manadoKacang Goyang adalah camilan khas Manado yang pasti ada di setiap hajatan besar masyarakat Manado.

Nama kacang ini berasal dari proses pembuatannya yang mengharuskan kacang dicampur dengan cara digoyang-goyangkan.

Kacang Goyang pada dasarnya adalah Kacang Atom yang dibalut Tepung Terigu dan gula yang membuat rasanya manis dengan warna menarik.

4. Halua Kenari

halua kenari manadoRekomendasi oleh-oleh khas Manado selanjutnya adalah Halua Kenari. Sesuai namanya, Halua Kenari merupakan kue yang dibuat dari kacang kenari sebagai bahan utamanya kemudian dilumuri dengan gula aren.

Kacang kenari sendiri merupakan salah satu komoditas andalan dari Manado.

5. Panada

panada isi ayamMakanan ini hampir mirip dengan Klappertaart. Panada merupakan hasil persilangan dari budaya luar, tepatnya adalah Portugis.

Nama panada sendiri berasal dari Empenada. Makanan khas Portugis ini berupa isian ikan yang kemudian dibungkus roti. Bentuk kue ini hampir mirip pastel, dengan isian ikan cakalang yang dibumbui panpis.

Baca juga: 8 Kuliner Khas Manado Yang Terkenal Enak Dan Lezat

6. Kue Lampu-Lampu

ku lampu-lampu khas manadoPopuler sebagai salah satu sajian takjil khas di Manado kala Ramadan tiba, kue lampu-lampu yang memiliki cita rasa manis yang dipercaya mampu memberikan energi ekstra selama bulan puasa.

Kue basah berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, santan, dan gula aren yang dimasak dengan cara dikukus ini cocok menjadi oleh-oleh khas Manado jika kamu berkunjung ke Manado saat bulan Ramadan.

7. Dodol Amurang

cara membuat dodol amurangDodol memang makanan khas Nusantara. Maka tak heran jika manado memiliki variannya sendiri soal dodol, yaitu Dodol Amurang.

Dodol ini dibuat dari campuran bahan dasar Gula Aren, Beras Ketan, Minyak Kelapa Murni, dan Kayu Manis yang dijadikan satu untuk kemudian dibungkus daun kelapa dan dipanaskan dalam suhu 120 derajat celcius.

8. Pia Amurang

oleh-oleh khas manado yang tahan lamaTak hanya dodol, wilayah Amurang juga terkenal akan pangan Pia. Oleh-oleh khas Amurang ini merupakan akulturasi antara kuliner pecinan dan olahan lokal sehingga menghadirkan cita rasa yang lezat dan menarik.

Selain itu, Pia Amurang memiliki daya tahan yang cukup lama. Jadi cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Manado untuk keluarga atau kerabat terdekat.

9. Sambal Ikan Roa

sambal ikan roa manadoOleh-oleh khas Manado satu ini pastinya sudah tidak asing di telingamu.

Sambal Ikan Roa adalah sambal khas Manado yang terbuat dari ikan roa yang diasap dan dihancurkan dengan halus lalu dimasak dengan bumbu dan minyak, menghasilkan cita rasa laut khas Manado.

Sambal Ikan Roa biasa digunakan sebagai teman makanan apapun, dari mulai nasi hingga bubur.

10. Cakalang Fufu

cakalang fufu manadoMasih seputar ikan, oleh-oleh asal Manado satu ini sangat digemari oleh para pecinta makanan pedas. Sesuai namanya, cakalang fufu adalah ikan cakalang yang sudah diasap agar lebih awet.

Sebelum diasap, ikan cakalang harus dibersihkan terlebih dahulu, baru dapat dibelah menjadi dua dan dibumbui.

Meski cukup besar, Cakalang Fufu tetap menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi pelancong yang berkunjung ke Manado.

11. Pisang Goroho

pisang goroho viral manadoNama pisang goroho memang tidak setenar pisang Ambon ataupun pisang raja, namun buah yang tumbuh di daratan Sulawesi Utara ini memiliki rasa yang tak kalah lezat.

Bahkan menurut sejumlah penelitian, pisang goroho memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Jadi, tak heran jika buah satu ini banyak diburu wisatawan yang datang berkunjung ke Manado. Umumnya, pisang ini akan digoreng tipis-tipis. Kemudian, pisang akan dimakan bersama dengan sambal roa.

Cukup unik, bukan? Untuk mencicipi dan membelinya, kamu bisa mampir ke berbagai restoran atau sentra oleh-oleh khas Manado.

12. Kue Pinende

kue pinende adalah Kue pinende adalah kue tradisional yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh dari Manado.

Makanan ini terbuat dari tepung ketan dan campuran parutan kelapa. Bagian atasnya diberi sirup gula merah atau kinca. Kue pinendeini memiliki rasa manis yang berpadu dengan gurihnya parutan kelapa.

Biasanya, kue pinende dijadikan kudapan sembari menikmati teh atau kopi. Jika tertarik untuk membelinya, kamu bisa langsung menuju pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Manado.

Itulah 12 oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke Kota Tinutuan ini. Agar oleh-oleh kuliner tersebut tetap aman dalam perjalanan, pastikan tanggal kadaluarsanya tidak dalam waktu dekat.

Selain itu, sebaiknya mintalah sang penjual agar mengemas makanan tersebut dengan rapi sehingga aman selama diperjalanan. Selamat berburu oleh-oleh!

Post Comment