Oleh-Oleh

8 Oleh-Oleh Khas Samarinda Yang Banyak Diburu Wisatawan

8 Oleh-Oleh Khas Samarinda Yang Banyak Diburu Wisatawan

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Samarinda tanpa membawa oleh-oleh berupa makanan atau cinderamata. Oleh-oleh khas Samarinda sangatlah bervariasi mulai dari yang enak hingga yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

Samarinda terkenal dengan produksi tekstil yang menjadikan cinderamata paling wajib untuk kamu bawa pulang.

Lalu bagaimana dengan oleh-oleh yang terbuat dari makanan? Makanan khas Samarinda lebih dominan rasa manis ketimbang rasa lainnya.

Daripada penasaran, berikut ini adalah oleh-oleh khas dari Samarinda yang terkenal enak dan banyak diburu wisatawan.

1. Keminting Samarinda

kue keminting samarindaSalah satu oleh-oleh khas Samarinda ini terkenal dikalangan wisatawan, yakni Keminting Samarinda.

Makanan yang satu ini hanya bisa kamu temukan di Samarinda. Karena olahan yang satu ini terbuat dari biji kemiri yang telah dicampur dengan tepung, sagu, dan gula.

Untuk rasanya sendiri terbilang sangat manis dengan sedikit lemak. Memiliki tekstur kasar dan beruas rapi membuat kamu penasaran ingin segera mencobanya.

Kamu tak usah ragu memasukkan keminting dalam daftar oleh-oleh khas dari Samarinda untuk dibawa pulang.

Jika kamu ingin membawa kemasan keminting untuk dijadikan buah tangan sebaiknya memilih ukuran yang paling besar. Jadi bagi kamu yang suka ngemil, keminting khas Samarinda ini cocok untuk kamu bawa pulang.

2. Gula Gait

gula gait samarindaSeperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kebanyakan oleh-oleh dari Samarinda memiliki cita rasa yang lumayan manis.

Nah, salah satunya Gula Gait yang menjadi ikon khas Samarinda yang dibuat dari campuran gula putih dan gula aren.

Untuk membuat camilan ini, masyarakat Samarinda memerlukan waktu yang cukup lama hingga Gula Gait ini dapat dinikmati. Jajanan khas Samarinda ini sangatlah unik dengan rasa legit saat bertemu dengan lidah.

Selain itu Gula Gait memiliki tampilan yang sangat imut menyerupai kayu. kamu tak perlu takut jika kehabisan makanan ini, karena stok makanan ini selalu tersedia di tempat oleh-oleh.

Bagi kamu yang tidak ingin ke luar hotel, kamu bisa memesan makanan ini melalui online langsung dari tempat pembuatan Gula Gait.

3. Amplang

amplang jelawat samarindaTak selamanya oleh-oleh itu berupa cinderamata, buktinya ada camilan yang banyak digemari dan mudah untuk dibawa kemana-mana. salah satu camilan tersebut adalah Amplang.

Oleh-oleh khas Samarinda yang satu ini sangatlah terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan.

Dibuat dari ikan tenggiri yang telah dicampur dengan tepung kanji. Tak lupa bumbu yang dicampur kedalam adonan sehingga memberikan cita rasa gurih yang begitu khas dan renyah saat digigit.

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh khas dari Samarinda, amplang adalah pilihan yang tepat.

4. Roti Durian Panglima Khas Samarinda

harga roti durian panglima samarindaOleh-oleh khas Samarinda yang satu ini menjadi top brand makanan yakni Roti Durian Panglima.

Hal ini menjadi berita yang baik untuk pecinta buah durian, karena disini kamu bisa menemukan salah satu olahan makanan favorit berbahan dasar buah durian.

Selain dapat dimakan langsung ditempat, roti durian khas Samarinda dengan merk Panglima ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat berlibur di Samarinda.

Namun sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemilik toko, karena biasanya mereka akan menjelaskan batas kadaluarsa dari roti durian ini.

Baca juga: 12 Kuliner Khas Samarinda Yang Terkenal Enak Dan Lezat

5. Bolu Gulung Durian Panglima

harga bolu gulung durian panglimaSelain roti durian, adapula Bolu Gulung Panglima. Panganan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk tetangga kamu di rumah. Berbahan dasar durian Panglima, menjadikan bolu ini istimewa.

Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu dapatkan yang berasal dari bahan-bahan berkualitas.

Kamu dapat memilih isian bolu berupa daging dan durian. Hal ini yang membuat wisatawan ingin segera mencoba bolu gulung durian Panglima.

6. Abon Ikan Haruan

resep abon ikan haruanOleh-oleh khas Samarinda ini terbuat dari ikan yaitu Abon. Abon ikan haruan adalah nama lain dari ikan gabus.

Di Samarinda, Kalimantan Timur memang terkenal dengan ikan gabus yang sudah menjadi makanan khas warga lokal.

Tak hanya digoreng, ikan haruan kini bisa diolah menjadi abon yang sangat enak dan tentunya bebas pengawet. Abon ikan haruan memiliki cita rasa khas.

Karena itu banyak wisatawan memburu oleh-oleh yang satu ini saat berlibur ke Samarinda.

7. Kue Ilat Sapi

kue ilat sapi samarindaJika diartikan kedalam bahasa jawa kue ilat sapi memiliki arti lidah sapi. Namun jangan terkecoh dengan namanya, karena kue yang satu ini terbuat dari tepung dan gula merah.

Sebenarnya kue ilat sapi juga terkenal di Semarang. Tak hanya menjadi makanan masyarakat lokal saat bertamu, kue ilat sapi juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

Warnanya yang coklat dengan bentuk bula dan taburan biji wijen diatasnya, memberikan cita rasa yang enak dan lezat.

8. Abon kepiting Samarinda

harga abon kepiting samarindaJika biasanya abon dibuat menggunakan daging ayam atau sapi, beda halnya dengan abon khas Samarinda.

Di sini, abon dibuat menggunakan kepiting sebagai bahan dasarnya. Tak hanya kepiting yang dijadikan sebagai abon, ikan gabus pun banyak digunakan untuk dijadikan abon.

Satu bungkus abon kepiting umumnya dijual dengan harga mulai Rp25.000, tergantung isi dan ukurannya.

Sebenarnya sah-sah saja jika ingin membeli oleh-oleh khas Samarinda dengan jumlah banyak, karena itu hak kamu dan kamu juga yang akan membayarnya.

Namun jangan pernah lupa untuk selalu ingat, bahwa kamu akan mengeluarkan biaya tambahan apabila kapasitasnya melebihi beban yang sudah ditentukan oleh pihak penerbangan.

Oleh karena itu, jika memutuskan untuk membeli dalam jumlah banyak, sebaiknya pilih saja jenis oleh-oleh yang lebih praktis dan lebih mudah untuk dibawa selama menempuh perjalanan ke tempat tujuan.

Post Comment